Hadapi New Normal, Akan Ada Kebijakan Baru untuk KRL

- Jumat, 29 Mei 2020 | 09:10 WIB
KRL Jabodetabek (ANTARA/Dhemas Reviyanto)
KRL Jabodetabek (ANTARA/Dhemas Reviyanto)

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba, mengatakan pihaknya kini tengah menyusun skenario new normal atau pola hidup baru ditengah kondisi pandemi virus corona (Covid-19). 

Nantinya PTKCI akan mengeluarkan beberapa kebijakan-kebijakan baru yang berlaku dan wajib dilaksanakan bagi petugas frontliner maupun pengguna transportasi.

"Pada pemberlakuan new normal ini, PT KCI tetap menjalankan protokol kesehatan pada moda transportasi publik yang sudah berjalan selama ini, yaitu wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun dan di dalam KRL, pemeriksaan suhu tubuh penumpang, dan penerapan physical distancing atau jaga jarak sesuai dengan marka yang ada di area stasiun dan di kereta," kata Anne di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Sementara terkait kondisi jaga jarak antar penumpang pada waktu padat, akan ada penyekatan di sejumlah titik stasiun. Sehingga, jumlah orang yang berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali. 

"Bila diperlukan, petugas juga melakukan buka tutup pintu masuk stasiun," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini PT KCI juga sudah menyediakan fasilitas wastafel tambahan selain yang di toilet, agar dapat dimanfaatkan pengguna KRL untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan KRL. Selain itu, fasilitas hand sanitizer di stasiun maupun yang dibawa oleh petugas pengawalan di dalam kereta juga masih tersedia. Kebersihan kereta dan stasiun juga semakin dijaga oleh KCI. 

"Sebelum pandemi virus corona melanda, seluruh kereta dan stasiun rutin dibersihkan baik saat beroperasi melayani penumpang maupun selepas jam operasional. Sejak pandemi, pembersihan ini dilengkapi dengan cairan disinfektan dan penyemprotan disinfektan rutin di stasiun maupun sarana KRL. Permukaan-permukaan yang rutin disentuh penumpang di stasiun seperti vending machine, gate tiket elektronik, tempat duduk, hingga pegangan tangga juga dibersihkan sekurang-kurangnya sembilan kali dalam satu hari," paparnya.

Dikatakannya, untuk menjaga kebersihan fasilitas lainnya seperti musala stasiun selama masa pandemi Covid-19 ini tidak menyediakan karpet, sajadah, sarung dan mukena. Kebijakan ini masih akan berlanjut untuk mencegah penularan dari perlengkapan ibadah yang dipakai bersama-sama. 

"Sejauh ini pembahasan kebijakan-kebijakan baru lainnya masih berlanjut secara intensif oleh pihak-pihak terkait, merujuk pada berbagai pedoman normal baru yang telah dikeluarkan pemerintah," sambungnya.

PT KCI pun mengimbau masyarakat terutama para pengguna KRL untuk gotong royong saling bekerja sama dan disiplin dalam menjalankan ketentuan serta arahan dari petugas di lapangan agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Artikel menarik lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X