The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Negara Ini Stop Pakai Klorokuin untuk Obat Covid-19, Kenapa? 
Penggunaan obat klorokuin (REUTERS/Yves Herman)
News

3 Negara Ini Stop Pakai Klorokuin untuk Obat Covid-19, Kenapa? 

Untuk alasan keamanan pasien

Kamis, 28 Mei 2020 11:05 WIB 28 Mei 2020, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Tiga negara di Eropa berhenti untuk meneruskan penggunaan hidroklorokuin sebagai obat untuk pasien Covid-19. 

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (28/5/2020), Prancis pada 27 Mei 2020 membatalkan seluruh rumah sakit untuk menggunakan obat tersebut. Badan Kedokteran Italia (AIFA) juga menangguhkan otorisasi penggunaan obat klorokuin, hidroklorokuin atau sejenisnya untuk uji klinis. 

Sementara itu Badan Kedokteran Belgia memperingatkan agar tidak menggunakan obat untuk pasien Covid-19. Perubahan tersebut mendadak memancing pemerintah tiga negara itu (Prancis, Italia dan Belgia) agar mengevaluasi obat dan juga mempertimbangkan risiko potensial.

hidroklorokuin
Foto hidroklorokuin yang dijual di apotek.(REUTERS/File photo)

Pada awal pandemi, hidroklorokuin seolah jadi obat yang menjanjikan bagi pasien Covid-19, namun jika melihat pergerakan selama tiga negara tersebut memakai obat hidroklorokuin, hasilnya tidak begitu menjanjikan. 

Bahkan WHO sudah menghentikan uji coba massif pada hidroklorokuin karena masalah keamanan. Seperti diketahui, Jurnal medis di Inggris, The Lancet melaporkan pasien yang diberi obat yang awalnya untuk penyakit malaria itu justru meningkatkan risiko kematian dan membuat detak jantung pasien tidak teratur. 

"Bukti klinis baru tentang penggunaan hidroklorokuin pada pasien Covid-19 menunjukkan peningkatan reaksi merugikan dan tanpa manfaatm" tertulis di jurnal AIFA. 

WHO selanjutnya akan bertindak mengevaluasi penggunaan obat dalam uji coba multi-negara. Kini, Jerman tengah meneliti The Lancet dan keputusan WHO untuk melihat pedoman terbaru tentang pemakaian obat hidroklorokuin.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro
JOIN US
JOIN US