Terkait Djoko Tjandra, Bareskrim Polri Larang Anita Kolopaking ke Luar Negeri

- Jumat, 24 Juli 2020 | 16:59 WIB
Kuasa hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (16/7/2020). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kuasa hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (16/7/2020). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Terkait kasus buronan Djoko Tjandra, kali ini Bareskrim Polri mengambil sikap dengan mencekal pengacara Djoko, Anita Kolopaking untuk ke luar negeri. Bareskrim sudah mengirimkan surat permohonan pencekalan itu ke pihak Imigrasi.

"Bareskrim Polri mengirimkan surat kepada kantor Imigrasi Kelas 1 khusus Bandara Soekarno-Hatta, perihal permohonan pencegahan ke LN atas nama Anita Dewi Anggraeni Kolopaking," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Irjen Argo mengatakan permohonan pencekalan tersebut berkaitan dengan proses penyidikan yang tengah dilakukan oleh Bareskrim Polri. Penyidikan itu berkaitan dengan surat jalan maupun surat sehat yang dikeluarkan Polri untuk Djoko Tjandra.

"Jadi penyidik Dit Tipidum Bareskrim Polri sedang melaksanakan penyidikan dugaan tindak pidana pemalsuan surat dan seseorang pejabat dengan sengaja membiarkan orang yang dirampas kemerdekaannya melarikan diri," beber Argo.

Surat permohonan itu sudah diserahkan Bareskrim Polri kepada pihak Imigrasi pada 22 Juli 2020 lalu. Kasus penyidikan ini pun dikatakannya masih berkaitan dengan Brigjen Pol Prasetijo Utomo (BJP PU).

"Berkaitan dengan diduga lakukan oleh terlapor atas nama BJP PU, ini yang terjadi di antara bulan Juni tanggal 1 Juni sampai dengan 19 Juni yang berlokasi di Pontianak dan di Jakarta," kata Argo.

Lebih jauh Argo mengatakan pencekalan itu berlaku hingga 20 hari ke depan. Pencekalan itu dimulai sejak tanggal 22 Juli 2020.

"Jadi sudah kita kirimkan pencegahan keluar negeri tersebut sementara selama 20 hari ke depan mulai dari tanggal 22 Juli, sudah kita kirimkan ke Imigrasi," pungkas Argo.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X