Presiden Jokowi Memastikan Pemberian Bansos Berlanjut Hingga Tahun Depan

- Senin, 7 September 2020 | 13:20 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemberian bantuan sosial (bansos) sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi COVID-19, masih akan berlanjut hingga tahun depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah sepakat menetapkan sejumlah program bansos sebagai prioritas untuk dilanjutkan pada tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Airlangga setelah sidang kabinet paripurna bertopik "Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021" yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin, (7/9/2020).

Airlangga mengungkapkan akan ada program lanjutan yang dijalankan pada tahun depan, yaitu bansos tunai presiden terkait UMKM, bantuan untuk subsidi gaji yang akan dilanjutkan kuartal pertama tahun depan, kartu prakerja, dan bansos tunai dalam bentuk PKH dan sembako.

Program-program ini diharapkan akan menjaga daya beli masyarakat dalam situasi pandemi COVID-19.

"Terkait program-program yang berjalan dari PEN adalah program PKH, sembako baik Jabodetabek maupun tunai di non-Jabodetabek, kartu prakerja, diskon listrik, logistik, BLT desa, investasi koperasi melalui LPDB KUMKM, dan bantuan pelaku usaha mikro BPUM,” kata Airlangga.

Dalam sidang kabinet tersebut, pemerintah juga menyepakati bahwa khusus tahun depan akan dilanjutkan program prioritas/unggulan yakni pengadaan vaksin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X