Kabareskim Komjen Agus Andrianto: Sosok Senior Cemerlang yang Jadi Anak Buah Junior

- Jumat, 19 Februari 2021 | 11:17 WIB
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto. (Dok Divisi Humas Mabes Polri)
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto. (Dok Divisi Humas Mabes Polri)

Komjen Pol Agus Andrianto bukanlah nama yang asing di tubuh institusi Polri. Senior di Polri ini sempat masuk dalam bursa calon Kapolri namun karirnya tak semulus juniornya, yakni Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Indozone kali ini mengajak para pembaca untuk mengenal lebih dekat sosok jenderal bintang tiga tersebut. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Jumat (19/2/2021), Komjen Agus merupakan sosok polisi 'senior'.

Berikut sepak terjang Komjen Agus, 'senior yang kini dipimpin junior':

1. Anggota Polri Senior

Komjen Agus lahir pada 16 Februari 1967 di Blora, Jawa Tengah. Dia merupakan Akpol angkatan 1989.

Usai lulus Akpol, Agus mengikuti pendidikan PTIK, Sespim dan Sespimti. Dia pun memulai mengembangkan sayap karirnya dari Polres Dairi pada tahun 1990.

-
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto. (Dok Divisi Humas Mabes Polri)

2. Jenjang Karir Cemerlang

Jenjang karir Komjen Agus terbilang cemerlang hingga pernah menangani kasus penistaan agama eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Agus sempat bertugas di Polsek hingga Polres daerah. Karirnya pun semakin cemerlang ketika dia bergabung di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dan menjabat sebagai Kapolres di wilayah hukum Metro Jaya.

Pada tahun 2016, Agus menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Namanya mencuat setelah dirinya menangani kasus penistaan agama oleh Ahok.

Setelahnya, dirinya menjebat sebagai Kapolda Sumut dan kembali ke Mabes Polri dengan menjabat sebagai Kabaharkam Polri. Komjen Agus diketahui berpengalaman dalam bidang reserse.

Baca Juga: Kompol Yuni Gunakan Sabu, Pimpinan Komisi III DPR: Memalukan!

-
Komjen Pol Agus Andrianto (kiri) dan Jenderal Listyo Sigit (kanan). (Dok ANTARA)

3. Masuk Bursa Calon Kapolri

Karir yang mentereng hingga menjadi sosok senior di tubuh Polri membuat nama Agus masuk dalam bursa calon Kapolri menggantikan Kapolri terdahulu yakni Jenderal Polisi Idham Azis. Bahkan, Indonesian Police Watch (IPW) sempat mencatatkan nama Agus dalam bursa calon Kapolri versi mereka.

Nasib karir tak semulus sebelum-sebelumnya, sosok senior Polri itu gagal meraih hati Presiden Joko Widodo untuk menjadi Kapolri. Presiden lebih memilih junior Agus, yaitu Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal kala itu dan saat ini sudah menjabat sebagai Kapolri.

Listyo Sigit diketahui merupakan Akpol angkatan 1991 dan terbilang muda jika dibandingkan Agus. Kini, Komjen Agus menjabat sebagai Kabareskrim Polri di bawah Jenderal Sigit sebagai pimpinannya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X