Heboh Pradesain Istana Negara di Ibu Kota Baru, Presiden Jokowi Minta Masukan

- Sabtu, 3 April 2021 | 10:46 WIB
Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru (Instagram/jokowi)
Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru (Instagram/jokowi)

Desain Istana Negara ibu kota baru di Kalimantan Timur tengah viral dan mengundang berbagai komentar pro kontra dari netizen.

Desain istana negara tersebut menyerupai burung Garuda dengan sayap membentang. Presiden RI Joko Widodo pun mengharapkan masukan dari seluruh pihak terkait pradesain Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota baru nanti di Kalimantan Timur.

"Pada tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya, dikutip Sabtu (3/4/2021).

Salah satu usulannya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta. Usulan ini sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Meskipun demikian, Presiden menekankan usulan tersebut masih pada tahap pradesain.

"Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tetapi juga mencerminkan kemajuan bangsa," kata Presiden.

Setelah mendapatkan masukan dari sejumlah pihak, termasuk masyarakat, Presiden Jokowi akan mendiskusikannya dengan para arsitek dan ahli lainnya untuk melakukan pengayaan pradesain menjadi basic design Istana Negara.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X