Ali Kabiay Sebut OPM Sudah Punah, 'Yang Ada Sekarang Hanya KKB di Pegunungan'

- Jumat, 2 April 2021 | 06:50 WIB
Ilustrasi KKB di Papua (Istimewa)
Ilustrasi KKB di Papua (Istimewa)

Tokoh pemuda Papua Ali Kabiay mengatakan, Organisasi Papua Merdeka (OPM) saat ini sudah punah.

Menurutnya, pihak yang sampai sekarang melakukan tindak kekerasan di Papua hanyalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di pegunungan.

"Pergerakan KKB yang lebih dominan melakukan kekerasan karena sudah terdesak. Pertanyaan-pertanyaan tentang kondisi Papua saat ini selalu merujuk pada kata kunci OPM dan KKB," kata Ali Kabiay dilansir ANTARA, Jumat (2/4/2021).

Menurut Ali Kabiay, kelompok yang paling eksis melawan kedaulatan NKRI adalah OPM. Organisasi itu, kata dia, telah menjangkiti pemikiran warga-warga di sepanjang pesisir Papua. 

Menurutnta, OPM lahir dari gerakan spiritual bawah tanah air kekerasan.

"Jadi ceritanya bermula dari 1963. Aser Demotekay yang merupakan mantan Kepala Distrik Demta, Kabupaten Jayapura, kemudian muncul juga gerakan pro-kemerdekaanmPapua di Manokwari pada 1964, tokohnya adalah TerianusAronggear. Organisasi Terianus dikenal
sebagai Organisasi Papua Merdeka. Dan nama OPM semakin dikenal tahun 1965 lewat pemberontakan bersenjata kelompok Permenas Ferry Awom di Manokwari," ungkapnya.

Seiring waktu, lanjut Ali Kabiay, orang di pessir Papua yang selalu aktif dalam melakukan perlawanan terhadap negara dengan aksi-aksinya.

Namun, kesejahteraan orang Papua di pesisir pantai mulai menjadi perhatian pemerintah. Hal itu terbukti karena telah banyak anak-anak di sana yang dapat kesempatan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil.

"Bahkan anak-anak Papua juga sukses di luar negeri memberikan kebanggaan negara sehingga mereka merasa puas atas perhatian dari Pemerintah. Belum lagi banyaknya infrastruktur dan pembangunan di Papua mulai dapat dinikmati masyarakat Papua," ungkap Ali Kabiay.

Menurut Ali Kabiay, OPM sudah sudah punah karena para tetua mereka sudah meninggal dan tidak dilanjutkan oleh
penerus.

"Dan bila ada yang masih menyebut diksi OPM-TPNPB mereka adalah bagian penyusupan politik bukan murni dari mereka karena sesungguhnya mereka sudah punah. Omong kosong jika ada OPM-TPNPB. Karena yang ada sekarang ini adalah Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB yang berada di area pegunungan," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X