Mensos Risma Janji Bakal Berikan Bantuan Untuk Keluarga Korban Sriwijaya Air

- Senin, 11 Januari 2021 | 13:50 WIB
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. (photo/Twitter/@KemensosRI)
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini. (photo/Twitter/@KemensosRI)

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini ikut berduka atas tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Risma berjanji Kementerian Sosial akan memberikan bantuan kepada keluarga korban yang ditinggalkan.

"Kemensos insyaallah akan tetap membantu. Saat ini kita sedang ada di Posko Soekarno-Hatta. Ada di Hotel Mercure untuk mendampingi psikoterapinya para keluarga, juga ada di di Priok. Juga di RS Polri," ujar Risma dalam jumpa pers di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021).

Risma menambahkan, pihaknya akan menjembatani keluarga korban dengan Pemda setempat. Sebab, korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air berasal dari 24 kota/kabupaten yang berbeda.

"Ini tadi juga sempat kita bicarakan. Untuk nanti Kemensos akan menjadi jembatan antara keluarga, kemudian pemda, dan pemda di sini, dan pemda daerah asal. Karena tadi ada 24 kota/kabupaten, yang domisilinya para ahli waris. Para keluarga korban. Saya tidak ngomong ahli waris mohon maaf. Mungkin masih ditemukan masih hidup," terangnya.

Terkait asuransi, Kemensos bersedia membantu keluarga korban dalam hal komunikasi dengan pihak  PT Jasa Raharja. Akses ke pengadilan pun akan Risma bantu jika diperlukan.

"Nah, itu yang kita akan coba bantu untuk Kemensos untuk komunikasi dengan tadi, pemda, dengan keluarga, dan juga ke Jasa Raharja. Karena setahu saya asuransinya tuh juga ada dari Boeing. Setahu saya ada," jelas Risma.

"Jadi itu yang harus kita siapkan. Seperti itu. Nanti kalau ternyata harus pengadilan maka Kemensos pun yang akan membantu mengakseskan ke pengadilan seperti itu," sambungnya.

Tak sampai di situ, Kemensos akan memberikan pelayanan 'trauma healing' kepada keluarga korban yang ditinggalkan. Risma mengatakan, pihaknya siap menemui keluarga korban di seluruh daerah untuk diberikan pendampingan melalui Dinas Sosial setempat.

"Betul (trauma healing). Jadi (Dinsos) kita ada di Pontianak. Kalau ada keluarga korban di daerah kita akan datangi, selain di Pontianak tadi," tukas Risma.

"Sudah. Saya perintahkan sejak ada kejadian maka kita langsung siapkan untuk trauma healing-nya. Termasuk yang di sini," pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X