Keluar dari WHO, Amerika Serikat Kirim Surat Pengunduran Diri 6 Juli 2020

- Rabu, 8 Juli 2020 | 12:15 WIB
Gedung WHO. (REUTERS/Denis Balibouse)
Gedung WHO. (REUTERS/Denis Balibouse)

Amerika Serikat mengambil langkah drastis mengungkapkan kekecewaannya terhadap World Health Organization (WHO). Presiden Donald Trump telah menyurati WHO yang berisi pengunduran diri Amerika Serikat dari lembaga kesehatan dunia tersebut, 6 Juli 2020.

Surat tersebut dikirim ke Sekretaris Jenderal WHO Antonio Guterres, efektif berlaku 6 Juli 2021, diwartakan The Washington Post, Rabu (8/7/2020). Pemerintahan Presiden Donald Trump telah memulai proses penarikan Amerika Serikat. 

Namun proses penarikan Amerika Serikat dari WHO masih harus melewati beberapa proses lain. Salah satunya, persyaratan dari resolusi bersama yang disahkan oleh Kongres pada 1948, Amerika Serikat harus mengeluarkan pemberitahuan dan membayar utangnya.

Stephane Dujarric, juru bicara Guterres, mengatakan, "WHO tengah memverifikasi dengan organisasi kesehatan dunia apakah semua kondisi untuk penarikan tersebut terpenuhi."

Perlu diketahui, saat Presiden Donald Trump pertama kali mengancam untuk mengundurkan diri dari WHO, anggota parlemen Demokrat menolak keras langkah tersebut.

-
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.(REUTERS/JONATHAN ERNST)

Kecewa dengan WHO

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menilai World Health Organization (WHO) gagal dan salah langkah dalam mengambil tindakan untuk virus corona. Donald Trump juga menuding WHO seolah menutupi kelicikan Tiongkok mengenai virus corona.

Menurut Trump, Amerika Serikat sudah sangat rugi karena mendanai WHO selama bertahun-tahun, dilansir dari Reuters. Akibatnya, Amerika Serikat mengalami kerugian paling parah, jumlah kasus dan korban virus corona tertinggi di dunia, dengan 3.097.084 kasus dan 133.972 meninggal dunia.

"Kami mengumumkan mengakhiri hubungan dengan WHO. Dana untuk WHO akan dialihkan ke seluruh dunia untuk kebutuhan kesehatan masyarakat global yang mendesak." kata Donald Trump, 29 Mei 2020.


Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X