The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jelang Ramadan, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Antisipasi Kenaikan Harga Pangan
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. (Instagram/azissyamsuddin.korpolkam)
News

Jelang Ramadan, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Antisipasi Kenaikan Harga Pangan

Operasi pasar.

Rabu, 24 Maret 2021 10:23 WIB 24 Maret 2021, 10:23 WIB

INDOZONE.ID - Menjelang bulan Ramadan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta agar pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan kementerian Pertanian (Kementan) serta Badan Urusan Logistik  (Bulog) untuk dapat mengatasi kenaikan harga pangan.

Adapun menurut Azis guna mencegah kenaikan harga pangan pemerintah dapat melakukan operasi pasar menjelang bulan Ramadan, hal itu dikarenakan sudah banyaknya harga kebutuhan pangan yang mulai naik di berbagai wilayah.

"Kemendag untuk menjaga stabilitas harga pangan di pasaran. Tingginya permintaan masyarakat terhadap bahan pokok jelang bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu faktor penyebab dan harus segera diantisipasi dan dicarikan sebuah solusi" ujar Azis kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Ia ingin pemerintah dapat sigap melakukan intervensi pasar jika harga bahan pokok melambung tinggi. Sebab menurutnya hal ini akan semakin menyulitkan masyarakat di tengah kondisi perekonomian yang tidak pasti akibat pandemi.

"Kemendag dan Perum Badan Logistik (Bulog) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memastikan keamanan stok bahan pangan dan tidak adanya distribusi pangan yang tersendat hingga menyebabkan kelangkaan bahan pangan di suatu daerah" tegasnya.

BACA JUGA: KPK Sita Rp3 Miliar dari Saksi Kasus Dugaan Suap Izin Ekspor Benur Edhy Prabowo

Selain itu, Politikus Partai Golkar ini menyatakan agar Kemendag dan Kementan dapat duduk bersama guna mencari terobosan  agar kebutuhan pokok dapat terpenuhi dan mendapatkan harga yang wajar.

"Jangan sampai masyarakat panik dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok karena harga yang semakin tinggi dan langka, yang dapat dimanfaatkan para spekulan untuk bermain" tandas Azis.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US