Berikut Ini Daftar Nama Artis yang Lagunya Hilang dari Layanan Musik Spotify!

- Selasa, 2 Maret 2021 | 16:11 WIB
Layanan streaming Spotify. (photo/Ilustrasi/Pexels/cottonbro)
Layanan streaming Spotify. (photo/Ilustrasi/Pexels/cottonbro)

Pihak Spotify telah mengonfirmasi bahwa ratusan lagu Kpop telah dihapus dalam platform layanan musiknya. Ini karena platform tersebut tengah mencoba dan mencapai kesepakatan dengan distribusi Kakao M. 

Sekarang, lagu yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus dari Spotify di seluruh dunia. Kakao M sendiri telah mendistribusikan sebagian besar musik populer Korea, dengan 37,5 persen lagu yang ditampilkan di Top 400 Yearly Song Chart 2020 dari Gaon Music Chart. 

Dalam pernyataan yang diberikan kepada NME, salah seorang juru bicara Sportify mengonfirmasi lagu Kpop dari Kakao M tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021. Ini terjadi karena lisensi telah berakhir. 

"Kami telah bekerja dengan KakaoM selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga musik dari artis mereka akan tetap tersedia bagi 345 juta+ pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia," ungkap Spotify. 

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan KakaoM (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir." lanjutnya. 

Bahkan, salah seorang pengguna Twitter membagikan tampilan dari Spotify-nya dengan sejumlah lagu-lagu Kpop yang telah hilang. Adalah @dadeuthannie yang menampilkan playlist dari lagu Kpop yang hilang. Dia juga mengatakan dalam unggahan lain bahwa artis lain telah mendapatkan kembali musiknya di Spotify. 

Selain itu, salah seorang pengguna Twitter, @lemonphobic telah mengumpulkan sejumlah artis dan lagu yang dihapuskan Spotify. Artis itu terdiri dari IU, Cherry Bullet, GFriend, Mamamoo, CL, hingga dengan Nu'est. Penasaran? Berikut ini daftar lengkapnya yang dikutip Indozone dari akun Twitter @lemonphobic. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X