Berencana Beli Mobil? Menteri Sri Mulyani Sarankan Dilakukan Sekarang

- Selasa, 2 Maret 2021 | 12:54 WIB
Sri Mulyani. (Instagram/@smindrawati)
Sri Mulyani. (Instagram/@smindrawati)

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengatakan, masyarakat sebaiknya membeli mobil sekarang jika memang ingin membelinya. Sebab, mulai bulan ini sampai Mei 2021, pemerintah akan memberikan insentif berupa PPnBM ditanggung pemerintah seratus persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani dalam konferensi video pada Senin (1/3/2021). Pemberian insentif itu sendiri sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20 Tahun 2021.

"Kalau mau beli mobil sebaiknya sekarang sampai Mei, karena PPnBM-nya seratus persen ditanggung pemerintah," ujar Sri Mulyani.

Memasuki bulan Juli dan Agustus 2021, insentif akan berkurang, hanya 50 persen PPnBm yang akan ditanggung oleh pemerintah. Kemudian untuk pembelian di Bulan September-Desember 2021, PPnBm yang ditanggung pemerintah hanya 25 persen. Insentif hanya berlaku sampai akhir tahun ini saja.

Sementara itu, diskon PPnBm ini berlaku untuk kendaraan bermotor sedan dan x2 dengan kapasitas mesin di bawah 1500 cc. Pemilihan jenis mobil itu sendiri diharapkan bisa memberi manfaat untuk masyarakat kelas menengah.

"Konsumsi rumah tangga yang perlu didorong ini termasuk mengoptimalkan daya beli masyarakat kelompok menengah. Dorongan itu perlu karena perubahan saldo simpanan menunjukkan kelompok yang memiliki dana besar meningkat dan dana kecil menurun. Itu berarti mereka punya saldo tapi tidak melakukan aktivitas," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X