Soal Tiang Monorel yang Mangkrak, Anggota DPR: Pemilik Proyek Harus Bertanggung Jawab

- Sabtu, 24 Oktober 2020 | 19:04 WIB
Kendaraan melintasi tiang-tiang monorel yang terbengkalai di Jalan H.R Rasunan Said, Jakarta, Selasa (16/5/2017). (Photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Kendaraan melintasi tiang-tiang monorel yang terbengkalai di Jalan H.R Rasunan Said, Jakarta, Selasa (16/5/2017). (Photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Komisi A, Lukmanul Hakim menyebutkan bahwa pemilik proyek harus bertanggung jawab terkait sejumlah tiang tiang monorel mangkrak, terutama di Jalan HR Rasuna Said.

Bung Hakim, sapaannya, mengaku sepakat jika tiang bekas monorel yang terbengkalai memang harus dibongkar, terlebih tiangnya berada di pusat kota DKI Jakarta. Ia juga menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta harus mengetahui terlebih dahulu permasalahannya.

"Harus dicek dulu sama Pemprov, ini (proyek) punya siapa, tapi setahu saya itu bukan aset Pemprov, intinya kalau pemilik proyek tidak bertanggung jawab, ya bongkar, tapi biayanya jangan dari Pemprov," ujar Hakim.

Menurut Hakim, pembongkaran tersebut adalah upaya untuk menjaga estetika kota karena saat ini terkesan mengganggu pemandangan dan kenyamanan berkendara terutama di Jalan HR Rasuna Said.

"Tidak enak dilihat, tidak bagus, masa ada tiang bekas seperti itu di tengah jalan, di situ juga ada jalur LRT Jabodebek," ujar Hakim.

Bung Hakim juga menyebutkan solusi lain pembongkaran yakni dijadikan lokasi pemajangan iklan seperti sekitar dua tahun lalu tiang pancang Monorel yang berada di kawasan Senayan yakni di Jalan Asia Afrika dan Jalan Pemuda.

"Waktu itu sempat dijadikan media promosi Asian Games," katanya.

"Ya kalo mau dicabut koordinasi dulu sama pusat, sama pengembang yang buat itu (monorel), jangan main bongkar terus cabut malah ganti rugi, nanti jadi masalah baru," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X