Soal Vaksin Mandiri, dr. Tirta: Kalau yang Punya Uang Beli Duluan, Ada yang Dikorbankan

- Selasa, 26 Januari 2021 | 16:46 WIB
dr. Tirta (Youtube/ Deddy Corbuzier)
dr. Tirta (Youtube/ Deddy Corbuzier)

Dokter Tirta Mandira Hudhi memberikan tanggapannya mengenai para pengusaha yang diizinkan untuk melakukan vaksinasi COVID-19 secara mandiri. 

Hal itu disampaikan dr. Tirta melalui video podcast yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier Selasa (26/1/21).

Dokter sekaligus influencer yang kerap disapa dr. Tirta ini menyebut, jika pengusaha atau orang-orang yang memiliki uang ingin membeli vaksin COVID-19 secara mandiri, hal itu akan berdampak tidak baik ke  masyarakat. 

"Ini malah akan membuat gak bagus, walaupun aku  dekat sama pemerintah dan menteri, tapi aku kritisi disini," kata dr. Tirta seperti dikutip Indozone.

Dr Tirta menjelaskan bahwa jika pemerintah memberikan izin bagi perusahaan untuk membeli vaksin secara mandiri, maka dosis vaksin yang seharusnya untuk rakyat akan berkurang.

"Kalo sampai perusahaan diizinkan untuk beli vaksin sendiri gratis, berarti istilahnya pengusaha yang punya uang yang bisa beli vaksin, sedangkan vaksin itu dosisnya terbatas,"  jelas dr. Tirta.

"Kalau yang punya uang yang punya beli duluan, berarti akan ada orang yang dikorbankan, kan vaksinnya terbatas," sambung dr. Tirta.

Dia juga meminta agar vaksin COVID-19 diberlakukan secara merata dan semuanya gratis tanpa ada jalur mandiri. 

Karena jika jalur mandiri diberlakukan, hal itulah yang akan menimbulkan perdagangan vaksin. 

"Ini dibilang, kalau mau duluan dibuka opsi mandiri misalnya aku gue bilang 'oke aku belli 2 juta, gue sanggup kok' otomatis sebagai penjual akan ngasih yang punya duit, ini yang jadi gak bagus di netizen," jelas dr. Tirta.

Ia juga menyebut, jika perusahaan tersebut tetap ingin membeli vaksin secara mandiri harus mendahulukan orang-orang yang lebih berhak menerima vaksin, seperti orang yang berada di daerah red zone

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X