Bangga! Kepulauan Riau Bakal Punya Jembatan Tertinggi di Indonesia, Dibangun Tahun Depan

- Rabu, 18 November 2020 | 20:08 WIB
Ilustrasi jembatan tinggi di Prancis (internet)
Ilustrasi jembatan tinggi di Prancis (internet)

Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar mengungkap hal membanggakan. Menurutnya, provinsi itu bakal mempunyai jembatan tertinggi di Indonesia.

Bahtiar mengatakan, pemerintah akan segera membangun jembatan penghubung antara Pulau Batam dan Pulau Bintan.

Jembatan inilah yang diproyeksikan menjadi yang paling tinggi di tanah air.

"Itu menjadi jembatan tertinggi di Indonesia. Lebih tinggi dari Suramadu, lebih tinggi dari yang lain," kata Bahtiar dikutip dari ANTARA, Rabu (18/11/2020).

Bahtiar mengatakan, jembatan penghubung antara Pulau Batam dan Pulau Bintan rencananya dibangun melintasi beberapa pulau. 

Dari Pulau Batam menuju Tanjungsauh yang panjangnya sekitar 2,17 km, kemudian ke Pulau Buau sepanjang 3,9 km, kemudian ke Pulau Bintan sepanjang 0,9 km.

Rencananya, tinggi jembatan mencapai 40 meter, untuk bagian yang menghubungkan ke Pulau Bintan. Sedangkan yang menghubungkan ke Pulau Batam, sekitar 20 meter. 

"KRI Dewa Ruci lewat, aman," kata dia.

Bahtiar mengatakan, tinggi jembatan Batam-Bintan sengaja dirancang menjulang mengingat wilayah perairan itu berhadapan dengan perairan internasional. Pergerakan kapal-kapal di sana juga banyak.

"Selain untuk kegiatan ekonomi juga memperhatikan pergerakan kapal militer. Kita punya banyak kapal," kata dia.

Rencananya, pembangunan jembatan Batam-Bintan dimulai 2021 mendatang. Menurut Bahtiar, pembangunan Jembatan Batam-Bintan tidak hanya akan menyambung dua pulau secara fisik, melainkan juga perekonomiannya.

Dengan begitu, fasilitas Kawasan Perdagangan Bebas (Free Trade Zone/ FTZ) bisa dinikmati seluruh warga Pulau Batam dan Pulau Bintan, dari ujung ke ujung.

Menurut dia, hal itu sejalan dengan perkembangan ke depan, yaitu FTZ menjadi satu kesatuan antara Batam dan Bintan.

"Cita-cita para senior di Pemprov Kepri akan kita wujudkan 2021," ucapnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X