Ketika Raja Salman Menghubungi Presiden Erdogan, Sudah Baikan?

- Selasa, 24 November 2020 | 18:42 WIB
Raja Salman dari Arab Saudi dan Presiden Erdogan dari Turki (REUTERS/Umit Bektas)
Raja Salman dari Arab Saudi dan Presiden Erdogan dari Turki (REUTERS/Umit Bektas)

Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral dan menyelesaikan perselisihan yang luar biasa melalui dialog. Hal ini dikatakan oleh kepresidenan Turki akhir pekan lalu.

Kantor berita negara Saudi SPA melaporkan pada Jumat malam bahwa Raja Salman menghubungi Erdogan untuk mengkoordinasikan upaya yang dilakukan dalam pekerjaan KTT G20, yang dilaksanakan pada 21 dan 22 November lalu.

Seperti yang diketahui, Arab Saudi dan Turki telah berselisih selama beberapa tahun karena kebijakan luar negeri dan sikap terhadap kelompok politik Islam. Apalagi adanya isu pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2018 yang meningkatkan ketegangan secara tajam.

Selain itu, selama lebih dari setahun beberapa pedagang Saudi dan Turki berspekulasi bahwa Arab Saudi sedang memberlakukan boikot tidak resmi atas impor dari Turki. Kelompok bisnis terkemuka Turki mendesak Arab Saudi bulan lalu untuk meningkatkan hubungan perdagangan.

Baca Juga: Deretan Wanita yang Diprediksi Masuk Kabinet Biden, Mulai Menhan Sampai Kepala Intelijen

"Presiden Erdogan dan Raja Salman sepakat untuk menjaga saluran dialog tetap terbuka untuk meningkatkan hubungan bilateral dan mengatasi masalah," kata kepresidenan Turki dalam sebuah pernyataan, menambahkan kedua pria itu juga telah membahas KTT G20.

Sebelumnya, Raja Salman menyatakan grup G20 telah menunjukkan kekuatan dan kemampuan dalam upaya mitigasi dampak pandemi virus corona di dunia.

“Kerajaan Arab Saudi senang dengan pertemuan para pemimpin negara-negara G20, di mana negara kami memimpin pekerjaan tahun ini, di mana kelompok ini menunjukkan kekuatan dan kemampuannya untuk bergabung dalam upaya mengurangi dampak pandemi virus Corona di dunia,” ungkap Raja Salman di akun Twitter resminya menjelang pernyataan pembukaannya untuk KTT G20 Riyadh.

“Tanggung jawab kami adalah, dan akan tetap, bergerak menuju masa depan yang lebih baik, sehat, dan sejahtera bagi semua,” ungkap Raja Salman.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X