The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Beri Peringatan untuk Para YouTuber, Sri Mulyani: Jangan Lupa Bayar Pajak!
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Photo/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
News

Beri Peringatan untuk Para YouTuber, Sri Mulyani: Jangan Lupa Bayar Pajak!

Senin, 30 November 2020 19:50 WIB 30 November 2020, 19:50 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani tak bosan untuk mengingatkan kembali masyarakat yang memiliki sumber pendapatan untuk membayar pajak. Termasuk masyarakat yang penghasilannya dari industri digital, seperti Youtube.

Hal itu disampaikannya di hadapan ribuan siswa SD dan SMP dalam Kemenkeu Mengajar secara virtual, Senin (30/11/2020).

"Nanti kalau sudah besar, bekerja, peduli dengan bayar pajak. Kalau bisa bekerja. Bahkan, enggak usah besar, sekarang anak kecil sudah bisa jadi bintang, dapat pendapatan dari Youtube, itu juga jangan lupa tetap bayar pajak," kata Sri Mulyani.

Ia juga mengatakan bahwa pendapatan negara yang didapatkan dari pajak tersebut akan digunakan untuk kepentingan orang banyak. Beberapa di antaranya untuk membangun fasilitas umum, serta untuk membantu masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri dan Panglima TNI Buru Pelaku Pembantaian di Sigi

"Untuk apa sih (bayar pajak)? Untuk negara kita, bukan untuk Ibu Sri Mulyani, untuk negara kita. Untuk bayar sekolah, membangun jalan, listrik, telepon, internet, butuh pembiayaan luar biasa," jelasnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa penerimaan pajak dari para Youtuber itu juga tercatat dalam pos pajak penghasilan (PPh) orang pribadi (OP). Berdasarkan data Kemenkeu, realisasi PPh OP sepanjang Januari hingga Oktober 2020 sebesar Rp10 triliun.

Jumlah tersebut tumbuh 1,18 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Realisasi PPh OP tersebut lebih baik dibanding penerimaan pajak karyawan atau PPh 21, yang mengalami kontraksi atau minus 4,58 persen (yoy) menjadi Rp115,71 triliun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US