The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Surat Bersih Diri dari G30S/PKI Viral, Dipakai untuk Melamar TNI, PNS, dan Daftar Sekolah
Surat Keterangan Bersih Diri dari G30S/PKI. (Twitter)
News

Surat Bersih Diri dari G30S/PKI Viral, Dipakai untuk Melamar TNI, PNS, dan Daftar Sekolah

Minggu, 13 September 2020 07:46 WIB 13 September 2020, 07:46 WIB

INDOZONE.ID - Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD) dari Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) mendadak menjadi perbincangan hangat netizen usai viral dalam beberapa jam terakhir.

Dari sejumlah komentar yang muncul, surat tersebut disebut-sebut menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi untuk melamar menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau menjadi anggota Polri, atau melamar pekerjaan lainnya pada era Orde Baru (Orba).

"Ini surat keterangan bebas dari keterlibatan G30S atau ortu kakek nenek bukan orang PKI. Namanya Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD). Jadi ini buat keperluan administratif jaman Orde Baru, misal orang mau daftar PNS, daftar Polisi, datar kerja dll. Ya harus punya surat ini," tulis akun @mazzini_gsp yang turut membagikan foto surat tersebut.

Tak cuma dipakai sebagai syarat melamar pekerjaan, akun @mazzini_gsp juga menyebut kalau surat itu juga dipakai saat mendaftarkan anak ke sekolah. 

"Karena masuk sekolah pun pake surat ini, kalau ortu, kakek nenek lo bukan orang PKI, bisa sekolah. Walau ada beberapa sekolah yg mentoleransi anak cucu PKI boleh sekolah, cuma pasti si anak abis di bully di ejek karena dia keturunan PKI, satu sekolahan tau," tulisnya.

Hal itu pun pernah disindir oleh Soe Hok Gie dalam salah satu tulisannya berjudul "Surat Tidak Terlibat G30S".

Bahkan, surat itu disebut-sebut masih menjadi syarat wajib untuk melamar sebagai anggota TNI hingga hari ini.

"Bisa dimaklumi kalau TNI masih terapin SKBD sebagai syarat, karena mereka gak mau terususupi "lagi" sama anggota TNI yang berhaluan kiri seperti zaman Orde Lama," kata akun @mazzini_gsp.

Masih menurut akun @mazzini_gsp, adanya aturan harus memiliki surat itu sempat dikecam karena menyusahkan banyak orang.

"Makanya peraturan SKBD ini dikecam habis ya karena imbas ke anak cucu, apalagi dulu untuk menetapkan orang telibat PKI gak cuma karena dia masuk ke partai atau organisasi under PKI. Cuma sekedar berkawan atau pernah terlibat ngisi acara PKI aja kena," katanya.

Sebelumnya diberitakan, jagat media sosial geger oleh beredarnya sebuah foto Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD) dari G 30 S/PKI. Foto surat itu pertama kali diunggah oleh akun Twitter @initipis pada 11 September 2020.

"Ga nyangka dari bungkus bawang bisa nemu sisa berkas pengakuan g30spki tahun '68," tulis keterangan yang menyertai foto tersebut.

Pada tanggal dan tahunnya tertera keterangan bahwa surat yang ditulis dengan ejaan lama tersebut dikeluarkan pada 14 Juni 1968 oleh satuan Koramil 0815/8 yang saat itu merupakan bagian dari jajaran Kodam VIII/Brawijaya yang berkedudukan di Malang.

Surat itu pertama kali ditemukan dan disadari oleh Muhammad Alvito Faiq, seorang remaja 16 tahun yang memungut bungkusan bawang yang dibeli ibunya dari kedai.

"Pas saya lihat sama kakak saya, kami kaget, kok ada tulisan seperti itu," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US