Rihanna Dikecam karena Gunakan Lagu Latar Berisi Hadis Nabi untuk Show Lingerienya

- Rabu, 7 Oktober 2020 | 14:12 WIB
Rihanna. (Instagram/@badgalriri)
Rihanna. (Instagram/@badgalriri)

Musisi kaliber dunia Rihanna menuai kontroversi karena menggunakan lagu berisi hadis Nabi Muhammad SAW saat show lingerie terbarunya. Hal itu bisa terlihat dari video di Amazon Prime yang dirilis akhir pekan lalu.

Video itu menampilkan soundtrack Savage X Fenty dengan sampel vokal yang telah dipercepat dan diiringi tarian untuk lagu “Doom” oleh produser London Coucou Chloe. Sampel vokal itu ternyata berisi hadis Nabi yang menjelaskan tentang Hari Penghakiman dan akhir zaman.

Rihanna sebelumnya pernah menggunakan beragam casting, termasuk satu model hijb pada kampanye kecantikan untuk brand kosmetiknya, Fenty Beauty. Kini, langkah terbarunya memanen kritik keras.

"Agama adalah salah satu hal yang tidak seharusnya dijadikan bahan bercandaan, hal ini sangat tidak menghormati, banyak penyanyi memasukkan ayat Quran di lagunya dan hal itu dibatalkan, tapi mereka tidak pernah belajar dari kesalahan," ucap salah satu warganet di video Youtubenya. 

"Agamaku buat seni pertunjukkan. Tolonglah untuk beri respect," kata warganet lainnya.

Salah satu warganet lain juga mengatakan kalau Rihanna tidak pernah belajar dari kesalahan. Sebelumnya ia juga diduga tidak menghormati Islam di acara Puma. 

"Rihanna sudah melakukan hal tidak menghormati Islam untuk kedua kalinya, sepertinya dia tidak pernah belajar dari kesalahannya dari acara Puma," ucap salah satu netizen.

Adalah Coucou Chloe, produser lagu 'Doom' asal Inggris yang digunakan dalam video acara Rihanna, telah merilis pernyataan di Twitter atas kontroversi lagu tersebut. Ia minta maaf kalau ternyata teks yang ada di lagu itu diambil dari hadis Islam. Rencananya ia akan menarik lagu itu dari platform streaming.

“Saya ingin minta maaf pada pelanggaran yang diakibatkan sampel vokal yang digunakan pada lagu saya ‘Doom’. Lagu itu dibuat menggunakan sampel dari track Baile Funk yang saya temukan online. Saat itu, saya tidak tahu bahwa sampel itu teks dari hadis Islam. Saya bertanggung jawab penuh pada fakta saya tidak riset kata-kata itu dengan baik dan ingin berterima kasih pada Anda yang meluangkan waktu menjelaskan ini pada saya. Kami dalam proses membuat lagu itu ditarik dari semua platform streaming,” tutur Coucou Chloe .

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X