Sebelum Tahun Baru, Kereta Bandara Solo Bakal Beroperasi

- Senin, 4 November 2019 | 11:12 WIB
Pekerja beraktivitas membangun jalur kereta api bandara Adi Soemarmo di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (14/10/2019).(ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc).
Pekerja beraktivitas membangun jalur kereta api bandara Adi Soemarmo di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (14/10/2019).(ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc).

Pemerintah memastikan jika sebelum pergantian tahun atau tahun baru, kereta Bandara Adisumarmo, sudah beroperasi melayani masyarakat sekitar Surakarta, Jawa Tengah. Sebelumnya, KA Bandara Adisumarmo dijadwalkan beroperasi Juli lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, secara konstruksi, jalur KA Bandara Adisumarmo, relatif sudah tidak ada masalah dan akan selesai pada pertengahan Desember.

Kereta Bandara Adisumarmo akan memiliki jalur sepanjang 12,997 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Dalam sehari akan terdapat sekitar 60 perjalanan kereta yang melayani dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adisumarmo maupun sebaliknya, yang dilayani dengan 2 (dua) set kereta api (trainset). Adapun headway (jarak antar kereta) sekitar 37 menit dan dapat dipersingkat menjadi 24 menit.

"Dioperasikan pada saat sebelum tahun baru. Kira-kira operasi tanggal 28 Desember," katanya.  

Data Kementerian Perhubungan, progres pembangunan sudah mencapai 94 persen. Masih belum rampung 100 persen dari target pertengahan tahun lalu, karena adanya perlintasan jalan tol dan hambatan yang berkaitan dengan warga serta teknis. 

Terkait tarif Kereta Bandara Adisumarmo, usulan sementara ini Rp10 ribu sampai Rp15 ribu. Prinsifnya, lanjut Menhub, pemerintah todak ingin tidak akan memberikan layanan atau tarif yang menyusahkan masyarakat.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X