Terungkap, Ini Lho Tujuan Sebenarnya Jokowi Pindahkan Ibu Kota

- Rabu, 6 November 2019 | 18:15 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Indozone/Sigit Nugroho)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Indozone/Sigit Nugroho)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan alasan pentingnya Ibu Kota Indonesia dipindah ke tempat yang baru. Seperti diketahui, Ibu Kota Negara akan dipindah ke Kalimantan Timur. 

Jokowi menyebut, pindah ibu kota tidak hanya diartikan sebagai pindah lokasi pemerintahan saja, melainkan juga membangun sistem yang baru serta merubah pola pikir ke arah yang lebih baik. 

"Yang paling penting kita tidak hanya pindah tempat dan lokasi. Paling penting adalah pindah pola pikir, pindah mindset, pindah sistem. Artinya sistem harus terinstal dengan baik, sehingga nanti orangnya masuk birokrasi masuk, sistem sudah siap," ujar Jokowi di JI Expo Kemayoran Jakarta, Rabu (6/11). 

Jokowi juga memastikan, di lokasi tempat ibu kota baru nantinya akan dibangun klaster-klaster mulai dari pemerintahan, kesehatan, pendidikan, hingga pelayanan publik dan semuanya berkelas dunia. 

Pria asal Solo ini mengharapkan talenta-talenta teknologi dan inovasi itu ada di ibu kota yang baru. Dia ingin masyarakat Indonesiabisa merasa bahwa itu kota masa depan. 

Saat ini proses pembangunan ibu kota baru masih dalam tahap disain yang tengah diperlombakan. Lomba itu diikuti 755 peserta dan akhir bulan ini akan ditentukan 3 gagasan besarnya.

"Kemudian akan didetilkan dalam bentuk gagasan mikro," tuturnya. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X