Ilmuwan Sebut Matahari Tampak Berbeda dari Biasanya
Ilustrasi matahari. (Unsplash/Casey Horner)
News

Ilmuwan Sebut Matahari Tampak Berbeda dari Biasanya

Sabtu, 02 Mei 2020 11:18 WIB 02 Mei 2020, 11:18 WIB

INDOZONE.ID - Ilmuwan mengungkapkan ada yang aneh di Matahari. Belakangan ini, matahari tak lebih aktif dari bintang-bintang sejenisnya. Berdasarkan data dari Keppler Space Telescope, Matahari tampak kurang aktif, hal ini berdasarkan fluktuasi kecerahan sinarnya.

Dilansir dari Independent, 369 sampel bintang seperti Matahari alami fluktuasi brightness 5 kali lebih kuat dari Matahari selama 140 hari. Hal ini pun membuat para ilmuwan terkejut.

"Kami sangat terkejut bahwa kebanyakan bintang yang seperti Matahari jauh lebih aktif daripada Matahari," kata seorang ilmuwan dari he Max Planck Institute for Solar System Research (MPS), Alexander Saphiro.

Meski ada keanehan di Matahari, namun ilmuwan belum bisa memastikan mengapa Matahari belakangan ini tampak lebih 'diam' dari biasanya.

"Dibandingkan umur Matahari, 9.000 tahun seperti kedipan mata. Matahari kita hampir 4,6 miliar tahun usianya. Bisa dibayangkan bahwa Matahari mengalami fase sunyi ini beribu-ribu tahun," ujar pakar astrofisika, Timo Reinhold.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Dina
Zal

Zal

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US