Anies Baswedan: Angka Kasus Corona di Jakarta Berangsur Menurun, PSBB Jangan Kendor

- Sabtu, 2 Mei 2020 | 08:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan keterangan dalam jumpa pers di Pendopo Gubernur DKI Jakarta. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan keterangan dalam jumpa pers di Pendopo Gubernur DKI Jakarta. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan angka kasus virus corona (Covid-19) yang berangsur turun beberapa hari terakhir di wilayahnya. Namun, tidak boleh diartikan permasalahan dan upaya pencegahan Covid-19 telah usai.

"Perlu digarisbawahi, meski beberapa hari ini terlihat ada penurunan (jumlah kasus), tetapi ini tidak boleh diartikan PSBB-nya kendor. Harus kita lebih disiplin, lebih ketat, karena masih ditemukan kasus-kasus positif di masyarakat," kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota disiarkan kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Jumat (1/5/2020) malam.

Anies mengimbau, warga tetap disiplin dan mematuhi aturan PSBB. Selain itu, masyarakat juga harus mengurangi interaksi, mengurangi berkegiatan di luar, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. 

Jika dilakukan secara dengan konsisten, diharapkan mampu mencegah adanya gelombang kedua pandemi ini di Jakarta.

"Ke depan kami imbau ke seluruh masyarakat untuk lebih menaati (aturan PSBB). Kegiatan sosial, kegiatan ekonomi, kegiatan budaya, kegiatan agama, sebisa mungkin dilakukan di rumah. Bukan dilakukan bersama-sama, berkelompok di masyarakat," papar dia.

-
Petugas kepolisian menggelar pemeriksaan kepatuhan PSBB di kawasan Bundaran HI, Jakarta. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Sejau ini, Pemprov DKI Jakarta memang terus proaktif mengeluarkan berbagai kebijakan dalam penanganan Covid-19. Seperti, adanya kampung siaga Covid-19, produksi massal masker, perketat dan pemberian sanksi pelanggar PSBB, serta memperbanyak dan menambah rapid test di masyarakat.

"Jadi, adanya peristiwa penurunan beberapa hari ini tidak boleh diartikan sebagai sudah selesai. Ini belum selesai, Jakarta belum merdeka dari Covid-19. Kita masih harus bertempur dengan Covid-19, maka jangan kendor," pintanya.

Sebelumnya, Anies telah menggelar rapat evaluasi bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta guna membahas evaluasi PSBB) tahap pertama yang berakhir minggu lalu dan pemantapan PSBB tahap kedua. 

Sejak diberlakukan PSBB di DKI Jakarta, sedikit demi sedikit berdampak pada penurunan jumlah kasus baru Covid-19. Berangsur-angsur melandai.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X