The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dukung Pariwisata, Bandara Kalimarau Bisa Didarati Pesawat Badan Besar
Bandara Kalimarau Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. (Pengelola Bandara Kalimarau)
News

Dukung Pariwisata, Bandara Kalimarau Bisa Didarati Pesawat Badan Besar

Selain itu bandara ini juga dilengkapi instrumen terbang malam

Selasa, 14 Januari 2020 14:12 WIB 14 Januari 2020, 14:12 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Berau di Kalimantan Timur diketahui memiliki potensi yang sangat besar dari sektor pariwisata. 

Untuk mendukung hal itu, kapasitas Bandara Kalimarau pun ditingkatkan, dari yang semula hanya melayani pesawat berbadan sedang, saat ini bisa didarati oleh pesawat berbadan besar seperti Boeing NG800 dan Airbus A320.

Kepala Bandara Kalimarau, Bambang Hartoto mengatakan, pihaknya siap memberikan layanan yang terbaik baik maskapai yang akan membuka rute ke Kalimarau. 

Terlebih lagi, dari sisi udara Bandara Kalimarau sudah memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 2250 meter, lalu lebarnya 45 meter, dengan ketebalan runway sekitar 56 dan ditambah ada 2 unit garbarata. 

"Kedepannya beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air, Garuda Air dan Batik Air dapat mengganti tipe pesawat dengan jenis yang lebih besar sehingga dapat lebih banyak membawa penumpang ke Berau. Dan kami dari pihak bandara akan memberikan pelayanan yang maksimal," kata Bambang dalam siaran pers yang diterima Indozone, Selasa (14/1/2020). 

Tidak hanya itu, Bambang juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menjajaki pihak maskapai untuk melakukan penambahan rute, yaitu Kalimarau - Banjarmasin, Kalimarau - Surabaya, Kalimarau - Samarinda dan Kalimarau - Makassar, yang diharapkan dapat terealisasikan sehingga dapat memudahkan calon penumpang untuk mengunjungi destinasi pariwisata unggulan di Berau. 

Ia menjelaskan, maskapai yang beroperasi saat ini antara lain Garuda Indonesia dengan jenis pesawat CRJ-1000 melayani penerbangan 2x sehari dengan rute Berau - Balikpapan PP, Sriwijaya Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737/300/400/500 melayani rute Berau - Balikpapan PP (setiap hari) dan Berau - Surabaya PP (Selasa, Kamis dan Sabtu). 

Selain itu ada Wings Air menggunakan pesawat ATR 73-500/600 melayani penerbangan 3x sehari rute Berau - Balikpapan PP dan 1x sehari Berau - Samarinda, Express Air menggunakan pesawat ATR 42/300/500 melayani rute Berau - Samarinda PP setiap hari dan Berau - Tarakan setiap hari dan Susi Air (perintis) dengan menggunakan jenis pesawat C208 melayani penerbangan 1x seminggu rute Tarakan - Maratua - Kalimarau PP.

Sementara itu, Kepala Cabang Perum LPPNPI atau AirNav Bandara Kalimarau Berau, Muchammad Iwan mengatakan bahwa saat ini di Bandara Kalimarau Berau memiliki rata-rata 20 pergerakan pesawat, yaitu 10 pesawat yang mendarat dan 10 yang lepas landas. 

"Dan untuk jadwal padat penerbangan di Bandara Berau yaitu berada di pukul 10.00 sampai 11.00 Wita dan Pukul 15.00 hangga 16.00 Wita. Untuk penerbangan paling awal pukul 07.00 Wita dan yang paling akhir pukul 21.00 Wita," katanya. 

Iwan menambahkan, untuk rute yang paling banyak adalah dari dan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. 

Walaupun demikian, dari Bandara Kalimarau Berau ada melayani penerbangan ke Bandara APT Pranoto Samarinda, Bandara Juwata Tarakan dan Bandara Maratua Derawan. 

"Yang membuat pelayanan kenavigasian di Bandara Berau maksimal adalah bandara ini telah dilengkapi dengan instrumen terbang malam seperti lampu pendaratan AFL, alat navigasi VOR dan juga ada prosedur instrumen pendaratan sehingga pelayanan penerbangan malam tidak hanya optimal namun menjadi terkontrol dari keselamatannya," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Alwan
Richardo
Sigit Nugroho
Alwan

Alwan

Editor
Richardo

Richardo

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US