Indonesia dan Italia Jalin Kerjasama untuk Perkuat Bidang Pertanian

- Selasa, 21 Januari 2020 | 18:17 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pertanian Italia Teresa Bellanova saat menandatangani nota kesepahaman penguatan kerja sama. (Photo/ANTARA/Kementerian Pertanian)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pertanian Italia Teresa Bellanova saat menandatangani nota kesepahaman penguatan kerja sama. (Photo/ANTARA/Kementerian Pertanian)

Menteri Pertanian (Mentan) Indonesia Syahrul Yasin Limpo melakukan kerja sama untuk memperkuat bidang pertanian dengan Menteri Pertanian Italia Teresa Bellanova dalam pertemuan bilateral.

"Kerja sama ini dalam budi daya, mekanisasi pertanian, pengelolaan sumber daya air, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan kapasitas SDM," kata Menteri Syahrul Yasin Limpo melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Teresa Bellanova membahas isu bilateral, terutama tentang peningkatan nilai perdagangan dan investasi di bidang pertanian kedua negara. Syahrul menjelaskan keunggulan komoditas pertanian Indonesia, seperti kelapa sawit, karet, buah-buahan tropis, teh dan rempah-rempah.

"Saya sampaikan kepada Menteri Bellanova, produk Indonesia telah memenuhi standar Uni Eropa di bidang kesehatan, dan phytosanitary SPS, sehingga dapat diekspor ke pasar Eropa," kata Syahrul Yasin Limpo.

Secara khusus, kedua menteri itu membahas ekspor sawit Indonesia. Produk kelapa sawit diketahui digunakan dalam industri makanan dan sebagai bahan bakar biodiesel di Italia.

Menurut data 2018, ekspor produk kelapa sawit Indonesia ke Italia adalah sebesar 570,2 juta dolar AS atau 29,7 persen dari total keseluruhan ekspor Indonesia ke Italia (sebesar 1,92 miliar dolar AS) dan 79,7 persen dari total ekspor pertanian Indonesia ke Italia yang sebesar 715,6 juta dolar AS.

Sementara itu, Teresa Bellanova mengatakan dirinya dapat menerima penjelasan bahwa perkebunan sawit berperan dalam membuka lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani menilai hal tersebut akan memperkuat hubungan kedua negara dapat mendorong pembangunan sektor pertanian di Indonesia. Dan juga akan mempermudah pertukaran informasi serta pelatihan peningkatan kapasitas serta penyelenggaraan joint research oleh lembaga penelitian pertanian di kedua negara.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X