Anggota DPR Ungkap Penyebab Napi Bebas Kembali Berulah

- Selasa, 14 April 2020 | 20:23 WIB
Ilustrasi lapas. (Pexels/Donald Tong)
Ilustrasi lapas. (Pexels/Donald Tong)

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil memberikan tanggapan mengenai banyaknya narapidana yang baru saja dibebaskan namun telah melakukan tindak kriminal kembali.

Menurut Nasir, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya adalah ketika dibebaskan, banyak napi yang tidak dibekali oleh keahlian ataupun keterampilan untuk bertahan hidup.

"Artinya mereka di dalam mayoritas mereka tidak mendapatkan bekal, keterampilan-keterampilan yang bisa membuat mereka bertahan untuk hidup. Jadi tidak ada skill, tidak ada suatu keterampilan lah," ucap Nasir kepada Indozone, Selasa (14/4/2020).

Selain itu, Nasir juga menyebutkan bahwa dalam masa pandemi corona seperti sekarang, orang yang memiliki keahlian sudah mengalami PHK oleh banyak perusahaan.

"Kalau pun dia punya keterampilan, belum tentu dia mendapatkan pekerjaan karena orang yang sudah bekerja saja di-PHK. Apalagi tidak ada keahlian," ungkapnya.

Oleh sebab itu, di tengah himpitan ekonomi, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah mereka melakukan tindakan-tindakan kriminal kembali.

"Akhirnya satu-satunya jalan ya itu, melakukan tindak kriminal," pungkas Nasir.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X