Polisi Terus Buru Penyebar Hoaks Yang Bikin Wamena Rusuh

- Sabtu, 5 Oktober 2019 | 12:14 WIB
Warga Wamena yang diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU tiba di Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (1/10/2019). (ANTARA FOTO/Gusti Tanati/wpa/aww)
Warga Wamena yang diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU tiba di Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (1/10/2019). (ANTARA FOTO/Gusti Tanati/wpa/aww)

Kepolisian terus mengejar pelaku penyebar hoaks, yang membuat terjadinya kerusuhan di Wamena, Senin (23/9). Kerusuhan ini, telah mengakibatkan warga pergi dari daerah tersebut.

"Memang benar pelakunya hingga kini masih dicari dan 11belum tertangkap," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Sabtu (5/10).

Ia meminta, masyarakat diminta tidak mudah percaya dengan berita hoaks agar kerusahan ini tidak terulang kembali di tanah Papua. Masyarakat, diminta tidak mudah terpancing dengan informasi yang tidak benar dan melakukan tindakan anarkis.

"Untuk warga Wamena yang saat ini mengungsi keluar diharapkan segera kembali mengingat situasi sudah berangsur aman," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik bagi kelompok rentan dan penyintas. Bantuan tersebut dalam bentuk logistik, usaha perekonomian produktif, dan santunan bagi ahli waris korban meninggal.

Kerusuhan yang terjadi dalam demonstrasi yang berlangsung di Wamena menyebabkan 32 orang meninggal dunia, 77 orang terluka, dan 9.240 warga mengungsi. 

Kerusuhan di Wamena juga menyebabkan 224 mobil dan 150 sepeda motor terbakar serta menimbulkan kerusakan 165 rumah, 20 kantor, dan 456 tempat usaha milik warga.

Akibat kerusuhan itu, menurut data Kementerian Sosial, sebanyak 8.617 warga mengungsi di 25 posko pengungsian yang tersebar di Wamena dan 523 warga mengungsi di lima lokasi di Jayapura.

Selain itu, masyarakat yang berasal dari luar Wamena, memilih sementara balik kampung halaman seperti ke daerah Biak, Sulawesi Selatan, Padang, serta berbagai kota di Jawa Timur.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X