Kamu Harus Tau, Ini Cara Mudah agar Tak Terpapar Virus Corona

- Selasa, 17 Maret 2020 | 12:22 WIB
Ilustrasi:  dua wanita di Macau memakai masker untuk mencegah penularan virus corona. (Unsplash/Macau Photo Agency)
Ilustrasi: dua wanita di Macau memakai masker untuk mencegah penularan virus corona. (Unsplash/Macau Photo Agency)

Proses penyebaran virus corona yang begitu cepat membuat banyak masyarakat yang merasa resah dan khawatir. Masyarakat juga mencari cara agar tak mudah tertular virus.

Mulai dari menggunakan masker, memakai hand sanitizer, lebih sering mencuci tangan hingga menghindari keramaian.

Dirangkum oleh GMT Institute, ada beberapa kiat antisipasi tertular virus corona yang mudah dilakukan.

-
Ilustrasi memakai hand santizer. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Pertama, masyarakat disarankan untuk membatasi kegiatan di luar ruangan. Seperti bepergian ke tempat wisata, transportasi publik dan juga ke acara-acara yang ramai orang.

Kita juga perlu menjaga jarak dengan orang lain, terutama saat berbicara untuk menghindari tercipratnya air liur mereka. Mengganti kegiatan di rumah, termasuk untuk urusan bekerja dan belajar, seperti menggunakan metode e-learning.

-
Bekerja dari rumah. (Thought Catalog)

"Dengan adanya fenomena ini, kami sadar bahwa pembelajaran jarak jauh sudah harus dijalankan, sehingga kegiatan belajar bisa di mana saja, tidak terhambat oleh apapun," kata Project Manager E-learning GMT Institute, Tifanny Meilianti.

-
lustrasi mencuci tangan dengan sabun. (Pixabay/Martin Slavoljubovski)

Selain itu, usahakan untuk tidak memegang mulut atau hidung sebelum mencuci tangan atau memastikan bahwa tanganmu benar-benar bersih. Sebab, kita tak pernah tau apakah tangan kita terpapar virus corona atau tidak.

Benda-benda pribadi seperti gelas, handuk, dan peralatan makan juga penting untuk dijaga. Jangan dipinjamkan ke orang lain termasuk keluarga dan orang terdekat sendiri.

Hal itu dikarenakan kita belum tentu tahu apa yang sedang diderita oleh mereka. Sehingga dikhawatirkan, air liur orang tersebut menempel pada benda pribadi, dan meningkatkan potensi penularan.

Untuk mengantisipasinya, lebih baik cuci terlebih dahulu benda-benda yang dipinjamkan tersebut setelah dikembalikan.

Kamu juga harus rajin membersihkan benda-benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, telepon, keyboard, dan tempat tidur.

Hal itu dikarenakan virus sering bersarang di benda-benda tersebut. Sering-seringlah bersihkan permukaan benda yang sering kamu sentuh untuk mencegah penularan virus.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X