Konflik PAN Diprediksi Tak Berlangsung Lama

- Rabu, 12 Februari 2020 | 23:58 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (dua kanan) dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tiga kanan) dalam pembukaan rakernas PAN di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu (7/12/2019). (ANTARA/Fathur Rochman)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (dua kanan) dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (tiga kanan) dalam pembukaan rakernas PAN di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu (7/12/2019). (ANTARA/Fathur Rochman)

Kontestasi mencari ketua umum PAN membuat partai tersebut terpecah menjadi dua kubu, pendukung Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap yang didukung penuh oleh Amien Rais.

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhroh menyatakan konflik tersebut akan segera usai karena jika berlarut akan mempertaruhkan eksistensi partai kedepan.

"Internal budaya politik tidak lalu mendirikan PAN tandingan atau PAN perjuangan, meskipun keras sama keras dan diwarnai dengan kekerasan lalu debat sengit meskinya tak perlu ada pepecahan dalam waktu lama," ucapnya saat dihubungi Indozone,  Rabu (12/2/2020).

Mulfachri atau Amien sekalipun berada dalam pihak yang kalah mestinya berhitung partai akan mengalami pembusukan sendiri dari dalam atau dibesarkan dari dalam secara bersama-sama.

"Tentunya harus ada sinergi kolaborasi saling mengisi bagaimana membangun PAN. Berfikir bareng nasib PAN ke depan, Kalau PT (Parlementiary Threshold) dinaikkan akan bertahan atau jadi partai yang punah, kalau mau punah friksi saja didalam, kan sudah banyak contohnya," ujar Siti.

Zulkifli Hasan, sambungnya, sebagai sosok yang freindly, komunikatif dan gampang melakukan kolaborasi, sinergi kerja sama harusnya bisa mengandeng kembali kubu Mulfachri terutama Amien Rais. Bahkan jika tidak bisa diselesaikan secara organisatoris, hubungan antara Zulhas dengan Amien akan diselesaikan secara kekeluargaan.

"Hubungannya dengan Amien Rais secara kekeluargaan mereka ini besan. Kalaupun tidak bisa diselesaikan secara organisatoris bisa dilakukan secara kekeluargaan," jelasnya.

Sebagai informasi, Amien Rais dan Zulkifli Hasan resmi menjadi besan pada 2011. Saat itu putra ketiga mantan Ketua MPR Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, sah menjadi suami dari putri Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Futri Zulya Safitri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X