Diterkam Macan Tutul, Petani di Lahat Sumsel Tewas

- Minggu, 17 November 2019 | 15:44 WIB
Ilustrasi macan tutul/Pexels
Ilustrasi macan tutul/Pexels

Seorang petani di Desa Pulau Panas, Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), ditemukan tewas pada Minggu (17/11), pukul 10.00 WIB.

Kepala Desa Pulau Panas, Sumadi mengatakan korban bernama Kuswanto (58) meninggal dunia karena diterkam seekor macan tutul saat sedang bekerja di kebun kopinya.

"Ada dua orang saksi menemukan korban sedang diserang macan. Lalu, keduanya berusaha mengusir macan tutul itu meski agak ketakutan. Akhirnya macan pergi, tapi korban meninggal di lokasi kejadian," ujar Sumadi di Palembang, dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, terdapat luka cakaran di bagian kepala dan luka agak dalam di leher korban yang menyebabkan korban meninggal. Serangan tersebut agak mengejutkan karena lokasi kebun kopi milik korban terhitung cukup jauh dari hutan lindung habitat macan tutul.

"50 tahun yang lalu juga pernah ada serangan, tapi serangan harimau," tambahnya.

Dengan kejadian itu, ia meminta kepada sekitar 400 warganya agar tidak menuju ke lokasi kejadian. Sebab, macan tutul itu kemungkinan masih berkeliaran.

"Kami menduga macan itu sedang mencari sumber air karena mungkin di habitatnya sumber air sudah mengering," kata Sumadi.

Sementara Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Lahat, Martialis Puspito, mengatakan timnya sedang turun ke lokasi kejadian untuk memeriksa gejala serangan.

"Kami sudah tanyakan kepala desa mengenai ciri-ciri hewan buasnya, dugaan besar kami itu adalah macan dahan karena ada motif tutulnya," kata Puspito.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X