MPR Dengar Masukan Nasdem Terkait Amandemen Konstitusi

- Kamis, 14 November 2019 | 09:05 WIB
Surya Paloh (kiri) dan Bamsoet (kanan). (Istimewa)
Surya Paloh (kiri) dan Bamsoet (kanan). (Istimewa)

Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yang dipimpin langsung Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), melakukan kunjungan ke Kantor DPP Partai Nasdem guna membahas agenda perubahan terbatas Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD NRI 1945) untuk menghadirkan kembali Pokok-Pokok Haluan Negara.

Kedatangan Bamsoet dan rombongan, disambung langsung Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bersama sejumlah fungsionaris DPP Partai Nasdem.

 

"Partai Nasdem memiliki perhatian khusus terkait wacana amandemen UUD 1945. Kami sepakat untuk sama-sama mendengarkan masukan rakyat terkait perubahan terbatas UUD NRI 1945 tersebut," ucap Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, di Kantor DPP Partai Nasdem Jakarta, Rabu (13/11).

Menurutnya, pandangan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh diperlukan untuk mempermudah kinerja MPR RI dalam perubahan terbatas UUD NRI 1945. Sehingga bisa terjadi konsensus antar berbagai elemen bangsa. Khususnya, dari partai politik yang merupakan tulang punggung demokrasi.

"Perubahan terbatas UUD NRI 1945 bukanlah semata-mata perhitungan matematis sebagaimana diatur di dalam Pasal 37 UUD NRI 1945, tetapi memerlukan konsensus politik seluruh kekuatan politik. Tidak boleh ada voting dalam urusan hukum dasar ini. Dan, yang jauh lebih penting adalah seluruh rakyat Indonesia memang membutuhkannya," katanya.

Bamsoet juga menargetkan hingga akhir tahun 2019, pimpinan MPR RI bisa silaturahmi dengan para pimpinan partai politik lainnya. Selain juga akan silaturahmi dengan organisasi sosial keagamaan seperti PBNU, PP Muhammadiyah, Wadah Kebersamaan Organisasi Umat Budha (Walubi), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), serta Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

"Sebagaimana sila pertama Pancasila, perkumpulan organisasi sosial keagamaan di Indonesia memiliki kekuatan sosial yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya. (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X