Akademisi: Hari Guru Jadi Momentum yang Tepat Maksimalkan Kompetensi

- Senin, 25 November 2019 | 10:45 WIB
Antara/Septianda Perdana
Antara/Septianda Perdana

Hari Guru Nasional Diperingati setiap 25 November 2019, tepatnya hari ini.
Dosen sosiologi pendidikan, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Nanang Martono mengatakan, peringatan Hari Guru merupakan momentum yang tepat untuk memaksimalkan kompetensi guru guna mewujudkan sektor pendidikan yang makin baik.

"Upaya memaksimalkan kompetensi guru masih perlu menjadi perhatian utama dan menjadi salah satu tantangan pendidikan di era teknologi digital seperti pada saat ini," ujar Nanang.

Nanang mengatakan, guru adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam sektor pendidikan. Menurutnya, kualitas pendidikan bisa ditentukan oleh standar kualitas tenaga pengajar.

Karena itu, kompetensi guru perlu menjadi perhatian utama. Nanang juga mengatakan bahwa dunia pendidikan di Tanah Air pada saat ini masih dihadapkan pada tantangan untuk mengoptimalkan pendidikan karakter.

"Fenomena yang terjadi, siswa-siswa sekarang lebih cepat pintar, dan mereka dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dari internet, media sosial, dan lain sebagainya sehingga kompetensi guru yang optimal diperlukan di era ketika seluruh aktivitas manusia dikendalikan teknologi dan ini menjadi tantangan pendidikan karakter," ujar Nanang.

Menurutnya, saat ini, karakter siswa bisa saja dibentuk oleh konstruksi sosial yang disebarkan melalui media massa dan media sosial. Hal inilah yang menjadi tantangan pendidikan di era digital.

"Inilah tantangan pendidikan di era digital, bagaimana keluarga dan guru dapat tetap memiliki pengaruh utama yang signifikan dalam pembentukan karakter siswa," kata Nanang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X