Kemendag Berharap Amerika Beli Nanas Asli Indonesia

- Selasa, 26 November 2019 | 10:19 WIB
Petani memanen buah nanas di sentra pertanian nanas di Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2019). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww).
Petani memanen buah nanas di sentra pertanian nanas di Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2019). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww).

Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya pendekatan agar produk dalam negeri bisa masuk berbagai negara maju salah satunya Amerika Serikat. Pemerintah menginginkan agar negara tersebut, membuka pasarnya untuk produk buah asli Indonesia.

Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berharap Amerika membuka pasar untuk produk buah nanas asal Indonesia. Buah-buahan produksi Indonesia diyakini punya daya tarik sebagai buah tropis bagi negara-negara bukan beriklim tropis. 

"Produk pertanian dari negara tropis seperti Indonesia akan menambah keragaman pilihan bagi konsumen AS. Kami ingin lebih banyak produk pertanian Indonesia yang beredar di pasar AS, termasuk buah-buahannya," ujarnya dalam keteranganya. Selasa (26/11). 

Data Kementerian Perdagangan saat ini, produk utama pertanian Indonesia yang diserap pasar AS adalah produk kacang mete (cashew nut). Pada 2018, ekspor kacang mete segar maupun kering Indonesia ke AS mencapai USD23,2 juta. 

Selain itu, adalah kelapa parut kering dan turunannya dengan total ekspor produk kelapa parut kering (dessicated coconut) mencapai USD437 ribu di 2018. 

Sementara itu, beberapa produk buah pada 2018 yang diekspor ke AS adalah jambu, mangga, manggis, lemon, pisang, dan apel dengan nilai total sekitar USD19 ribu.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X