Jokowi "Sentil" Menteri ESDM dan BUMN, Kenapa?

- Senin, 8 Juli 2019 | 15:04 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019).  (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Presiden Joko Widodo memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Presiden Joko Widodo mewanti-wanti para menterinya setelah melihat defisit neraca perdagangan yang mencapai 2,14 miliar dolar AS (setara Rp3,01 triliun) pada periode Januari-Mei 2019.

Jokowi mempertanyakan nilai impor yang sangat tinggi, yaitu mencapai 70,6 miliar dolar AS, saat sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Senin (8/7/2019). Rapat kabinet paripurna ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri koordinator dan menteri Kabinet Indonesia Kerja.

Dalam rapat tersebut, Jokowi secara khusus menunjuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Johan dan Menteri Badan Usaha Milik Negera Rini Soemarno.

"Coba dicermati angka-angka ini dari mana? Kenapa impor jadi sangat tinggi? Kalau didetailkan lagi migasnya ini naiknya gede sekali," ujar Jokowi. 

"Hati-hati di migas Pak Menteri ESDM yang berkaitan dengan ini, Bu Menteri BUMN yang berkaitan dengan ini, karena 'ratenya' yang paling banyak ada di situ," tambah Presiden.

Dalam rapat tersebut, Jokowi juga memaparkan nilai ekspor periode Januari-Mei 2019 yang mengalami penurunan hingga 8,6 persen. Jokowi menilai, Indonesia sebenarnya punya banyak peluang untuk meningkatkan ekspor karena adanya gejala perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

"Kesempatan ekspor kita untuk masuk ke Amerika sangat besar dengan pengenaan tarif barang-barang produk dari Tiongkok," kata Presiden.

Untuk mendukung pengembangan ekspor nasional, Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Kebijakan Dasar Pembiayaan Ekspor Nasional (PEN). Diharapkan, PP ini bisa mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi peningkatan ekspor nasional.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X