Padamkan Karhutla, TNI Kerahkan Pesawat Skadron Udara 2 & Skadron 4

- Jumat, 13 September 2019 | 17:28 WIB
Panglima TNI saat meninjau modul tambahan untuk mendukung modifikasi cuaca. (Puspen TNI)
Panglima TNI saat meninjau modul tambahan untuk mendukung modifikasi cuaca. (Puspen TNI)

Guna mendukung upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengah, TNI turut mengirimkan sejumlah Alutsista-nya, selain mengerahkan prajurit. Termasuk di dalamnya adalah pengerahan pesawat terbang milik TNI AU.

Selain 1 unit Pesawat Casa C212 milik TNI AU yang dikerahkan untuk membantu pemadaman di Riau, TNI juga akan mengirimkan pesawat sejenis dari Skadron 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, untuk mendukung pemadaman di wilayah Sumatera.

-
(Puspen TNI)

 

"Saat ini pesawat tersebut dengan menjalani perawatan berkala setiap 100 jam terbang. Dan, kita harapkan, pesawat ini dapat diberangkatkan pada Hari Minggu (15/9) mendatang," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Jumat (13/9).

Lanjut Hadi, selain untuk wilayah Sumatera, TNI juga berencana mengirimkan pesawatnya untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan. Seperti siang tadi, Panglima TNI meninjau secara langsung pesawat CN 295 yang akan dikirimkan ke Kalimantan Tengah.

-
(Puspen TNI)

 

"Pesawat ini akan dikirim untuk mendukung pemadaman di Kalimantan Tengah.  Sehari-hari, pesawat ini dioperasionalkan oleh Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur," terang Panglima TNI di markas Skadron Udara 2 TNI AU.

Ia menambahkan, saat ini pesawat tengah dipasangi konsul tambahan yang bertujuan, agar pesawat ini nantinya mampu melaksanakan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), dalam membuat hujan buatan di wilayah terdampak kebakaran hutan dan lahan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X