PBB Siapkan 28 Juta Dolar AS Bantu Rehabilitasi Pasca Bencana Palu

- Rabu, 18 September 2019 | 11:58 WIB
Ilustrasi bencana Donggala/ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi bencana Donggala/ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memastikan akan membantu pemulihan pasca-bencana 28 September 2018 di Sulawesi Tengah yakni di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong. Melalui organisasi United Nations Development Programme (UNDP), PBB akan memberikan bantuan pendanaan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi hingga tiga tahun ke depan.

"UNDP bekerja sama dengan pemerintah Jerman melalui Bank Pembangunan Jerman (KfW) menyalurkan komponen pendanaan untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi di Sulawesi Tengah. Totalnya sekitar 28 juta dollar Amerika Serikat (AS)," kata Pemimpin Tim Ketahanan dan Rekonstruksi UNDP, Christian Budi Purnomo di Palu, Selasa (17/8).

Dia mengatakan dana tersebut tidak akan digunakan untuk memulihkan semua sektor yang terdampak gempa, tsunami dan likuefaksi setahun lalu di empat daerah itu. Hanya ada empat sektor yang menjadi prioritas UNDP yaitu pendidikan, kesehatan, sanitasi lingkungan, dan infrastruktur ekonomi kemasyarakatan.

"Periode pelaksanaannya untuk tiga tahun, menyesuaikan dengan implementasi kegiatan rehabilitasi rekonstruksi pemerintah pusat yang memang direncanakan untuk tiga tahun," kata Christian.

Untuk tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilakukan UNDP dimulai dengan tahap persiapan yang saat ini tengah berjalan. Rencananya, tahap aksi rekonstruksi akan mulai dikerjakan tahun 2020. 

Setelah itu, UNDP akan melakukan tahapan penyelesaian administrasi terhadap aset-aset yang menjadi sasaran rekonstruksi pasca bencana.

"Karena aset-aset yang dibangun sebagian besar adalah milik pemerintah, jadi mekanisme serah terima dengan pemerintah nanti, pengembalian aset dan segala macam harus kami lakukan. Tentunya itu harus melibatkan kementerian dan lembaga negara terkait yakni Kementerian Keuangan," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X