4 Momen Seru Jokowi Naik Sepeda Ontel

- Senin, 30 Desember 2019 | 12:15 WIB
Presiden Jokowi menyenmpatkan diri bersalaman dengan warga saat sedang mengayuh sepeda ontel di Yogyakarta. (Antara/Puspa Perwitasari)
Presiden Jokowi menyenmpatkan diri bersalaman dengan warga saat sedang mengayuh sepeda ontel di Yogyakarta. (Antara/Puspa Perwitasari)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang selalu menarik perhatian. Tidak hanya bagaimana gaya kepemimpinannya, melainkan juga kebiasaannya yang terbilang unik dibandingkan dengan pemimpin lainnya.

Di beberapa kesempatan, Jokowi selalu meluangkan waktu untuk mengendarai sepeda ontel. Terlepas dari beragam tanggapan apakah itu dia lakukan untuk pencitraan atau hal lain, namun hal tersebut memang cukup menarik perhatian dan terbilang unik.

Berikut Indozone merangkum beberapa momen menarik dan bersejarah saat Jokowi naik sepeda ontel:

Mendaftar ke KPU (Mei 2014)

Pada Mei 2014, saat itu, bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Jokowi akan mengantarkan berkas pendaftarannya sebagai capres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggunakan sepada ontel.

-
Presiden Jokowi bersama Jusuf Kalla saat mendaftar ke KPU pada Pilpres 2014.(Twitter/J2P.id)

Jokowi berangkat dengan sepeda dari kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan bersama calon wakilnya saat itu, Jusuf Kalla.

Hari Pahlawan di Bandung (November 2018)

Presiden Jokowi naik sepeda ontel bersama dengan ratusan anggota komunitas sepeda ontel menuju ke Stadion Kridosono yang jaraknya kurang dari 500 meter.

-
Presiden Jokowi naik sepeda ontel di Bandung saat momen Hari Pahwalan. (Dok. KSP)

Ada cerita menaik mengenai sepeda ontel yang dinaiki Jokowi. Kabarnya, sepeda tersebut tidak dilengkapi rem. Hal  tersebut membuat mantan Gubernur DKI Jakarta ini sempat gerogi dan khawatir.

Deklarasi Alumni Jogja SATUkan Indonesia (Maret 2019)

Jokowi juga pernah naik sepeda ontel bersama ibu negara Iriana menuju lokasi kegiatan "Deklarasi Alumni Jogja SATUkan Indonesia" di Stadion Kridosono Yogyakarta, Sabtu (23/3).

-
Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana saat bersepeda menuju lokasi kegiatan "Deklarasi Alumni Jogja SATUkan Indonesia" di Stadion Kridosono Yogyakarta. (Antara/Puspa Perwitasari)

Jokowi tiba di boulevard Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berjarak sekitar dua kilometeri dari Stadion Kridosono. Dia mengenakan jaket dan kaus putih bertuliskan "Alumni Jogja SATUkan Indonesia", Iriana juga mengenakan kaus yang sama.

Meninjau Kota Lama Semarang (Desember 2019)

Presiden Joko Widodo kembali menjajal kebolehannya naik sepeda ontel. Kali ini, Jokowi  meninjau pembangunan revitalisasi Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah untuk mempromosikan pariwisata di daerah itu.

-
Presiden Jokowi saat mengayuh sepeda ontel di Kota Lama Semarang. (Antara)

Setelah bersepeda dari Alun-Alun Semarang pada Senin, Jokowi lalu lanjut bersepeda menuju kawasan kota lama. Ia tidak sendirian karena ditemani Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga naik sepeda ontel.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X