Keren, Suara Ikan Diubah Jadi Lagu Natal oleh Ilmuwan

- Rabu, 25 Desember 2019 | 14:37 WIB
ilustrasi/pixabay/visavietnam
ilustrasi/pixabay/visavietnam

Para ilmuwan berhasil merekam suara yang dikeluarkan oleh ikan di SEA LIFE London Aquarium. Suara ini kemudian dikolaborasikan dengan lagu Jingle Bells verrsi akuatik di Abbey Road Studios. Pencampuran kedua suara ini akan diubah menjadi lagu Natal.

Proyek unik nan mengagumkan ini dipimpin oleh Profesor Steve Simpson dari University of Exeter. Steve dan timnya membuat rekaman suara ikan itu dengan menggunakan alat khusus. Alat itu dapat mendeteksi gelombang suara di bawah air.

Dengan menggunakan hidropon bawah air, para ilmuwan berhasil merekam suara dari ikan badut di aquarium, termasuk juga suara saat ikan sedang mendengkur.

"Ada banyak alasan mengapa ikan membuat kebisingan, salah satunya adalah untuk mempertahankan wilayah, peringatan terhadap predator, dan selama berkencan," kata Steve.

Selain itu, para ilmuwan juga berhasil merekam suara lobster air tawar saat beradu argumen dengan ikan lain ketika berebut makanan.

Tak hanya itu, suara kuda laut saat melahap makanan dan suara geraman dari triggerfish juga berhasil direkam oleh ilmuwan.

"Suara memiliki peran penting dalam kesehatan laut dan kami ingin tahu bagaimana beragam spesies ikan di London Aquarium menggunakan suara untuk berkomunikasi satu sama lain," tambah Displays Curator SEA LIFE London Aquarium, James Wright.

Proyek rekaman suara ikan yang akan dijadikan lagu Natal in menjadi yang pertama kalinya di Inggris.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X