The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Krisno Siregar Coba Es Krim Ganja di Thailand, Rasanya?
Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Krisno H. Siregar. (ANTARA/Laily Rahmawaty)
News

Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Krisno Siregar Coba Es Krim Ganja di Thailand, Rasanya?

Gak tau positif atau enggak

Selasa, 05 Juli 2022 14:28 WIB 05 Juli 2022, 14:28 WIB

INDOZONE.ID - Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar mengaku telah mencoba es krim yang mengandung ganja saat berkunjung ke Thailand.

Pengakuannya itu disampaikan saat menjadi narasumber Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Komisi III DPR RI, dalam rangka Mencari Masukan Pandangan dan Pendapat dengan Mengundang Beberapa Narsum, terkait RUU tentang Perubahan Kedua Undang-undang tentang Narkotika.

Video diskusi tersebut kemudian diunggah ke Channel YouTube Komisi III DPR RI pada Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Pasokan Semikonduktor Membaik, Tata Motors Ingin Tingkatkan Produksi Mobil Listrik

Saat mendapat giliran berbicara dan menjawab pertanyaan, Brigjen Krisno menuturkan bahwa dia baru saja berkunjung ke Thailand. Dia menceritakan, di negeri Gajah Putih itu, ganja telah diolah ke berbagai produk.

“Saya barusan kunjungan dari Thailand. Semua turunannya (ganja) sudah dijual. Saya sudah baca kajiannya juga dari Aseanapol (organisasi kepolisian di kawasan ASEAN) tentang bagaimana Thailand, rupanya sudah lama untuk melakukan kajian legalisasi ganja,” paparnya.

“Jadi mereka sudah lama sekali, mereka juga bukan hanya terhadap untuk kepentingan medis juga untuk kepentingan rekrasional, lanjutnya.

Brigjen Krisno kemudian mengatakan bahwa dia telah mencoba es krim yang mengandung ganja. Menurutnya, es krim yang diicipnya tersebut memiliki rasa dedaunan.

“Jadi kalau sekarang pergi ke Thailand… ya, es krim (berbahan ganja), saya sudah coba. Saya gak tahu, pas tes urine saya positif apa enggak? Tapi saya sudah coba. Namanya vanilla cannabinoid ice cream. Rasa daun-daun,” ungkap dia. 
“Jadi mereka (ganja) sudah turun semua (ke berbagai produk). Makanan dan lain sebagainya,” lanjut Brigjen Krisno.

Thailand per tanggal 9 Juni 2022, secara resmi telah mengizinkan warganya untuk menanam ganja di rumah setelah mengeluarkan tanaman itu dari daftar narkotika kategori 5.

Kementerian Kesehatan Thailand memberikan izin bagi masyarakat menanam ganja untuk penggunaan medis, kuliner, kecantikan, penelitian, pengembangan hingga kuliner.

Meski demikian, pemerintah Thailand melarang keras penggunaan ganja untuk rekreasi atau giting.

Ekstrak ganja dengan kadar Tetrahydrocannabinol (THC) melampaui 0,2% juga masih masuk daftar narkotika Kategori 5 Thailand.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Rachmat Fahzry
JOIN US
JOIN US