Ajak Kampus dan BUMN Bersinergi, Erick Thohir Singgung Industri Halal

- Kamis, 7 Juli 2022 | 11:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) (Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) (Istimewa)

Menteri BUMN Erick Thohir mengajak perguruan tinggi dan BUMN bersinergi. Termasuk menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pihak swasta untuk membangun ekosistem di segala bidang.

"Mudah-mudahan mahasiswa Indonesia, Universitas Muhammadiyah tetap menjadi fondasi ke depan dari transisi bangsa kita menuju perubahan baru," kata Erick Thohir saat mengunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (5/7) sore.

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir menyoroti industri halal di Indonesia yang belum masuk 10 besar dunia. Padahal, kata dia, mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.

"Kalau kita bicara industri halal, belum masuk 10 besar. Yang masuk Amerika, Brasil, bukan Indonesia, mau ke mana bangsa ini?" katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Erick Thohir berkesempatan meninjau Gedung Penerimaan Mahasiswa Baru UMP serta memberikan bantuan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kepada perguruan tinggi Muhammadiyah di Purwokerto itu.

Seusai penyerahan TJSL, Menteri BUMN berkesempatan dialog dengan sejumlah mahasiswa Fakultas Farmasi UMP dan mendorong mereka mengembangkan industri herbal.

Sebelum mengakhiri kunjungan di UMP, Erick Thohir melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung UMP Business Tower dan Perpustakaan.

-
Ajak Kampus dan BUMN Bersinergi, Erick Thohir Singgung Industri Halal (Istimewa)

Sementara itu, Rektor UMP Jebul Suroso mengatakan, pihaknya akan kembali mengundang Menteri BUMN Erick Thohir untuk menyemangati UMP dalam rangka menuju platform digital perguruan tinggi.

"Ini adalah mimpi besar kita ke depan, perguruan tinggi itu menjadi lebih IT-base. Kemudian tadi kami mendapat bantuan dari Dirut Pelindo, beberapa unit komputer, kami sangat bersyukur," katanya.

Ia juga mengaku bersyukur karena Menteri BUMN Erick Thohir menyemangati UMP dalam pembangunan gedung perpustakaan dan UMP Business Tower.

"Ini mudah-mudahan menjadi doa harapan keluarga besar UMP, ke depan kami memiliki bangunan, tempat berkumpulnya para milenial, generasi muda, untuk merancang proses transformasi kehidupan yang lebih baik," kata rektor.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan pada prinsipnya, program TJSL dari BUMN dikategorikan dalam tiga hal, yakni pendidikan, kesehatan, dan UMKM.

Menurut dia, pihaknya akan terus mengevaluasi daerah mana saja dan bentuk bantuan yang sesuai untuk daerah itu karena cakupan Pelindo seluruh wilayah Indonesia.

-
Erick Thohir saat mengunjungi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) (Istimewa)

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X