Paspampres Ajak Masyarakat Ikut Lari di Ring 1 Istana, Ada Apa Nih?

- Rabu, 18 Januari 2023 | 18:16 WIB
Istana Merdeka. (wikipedia).
Istana Merdeka. (wikipedia).

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengajak masyarakat untuk mengikuti ajang Fun Run yang bakal digelar di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti ke-77 Paspampres

Komandan Paspampres Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko mengatakan, kegiatan ini mengangkat tema ‘Setia Waspada Run’. Dia menyebut, ajang itu menjadi bentuk keterbukaan masyarakat untuk melihat lebih jauh pasukan khusus tersebut. Lebih lanjut Wahyu menuturkan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mengubah stigma masyarakat soal Paspampres yang dikenal bermuka serius dan tegang. 

“Ini bentuk salah satu wujud bakti kita kepada masyarakat, jadi tidak hanya berupa kegiatan-kegiatan militer, tapi kita juga mau melaksanakan kegiatan olahraga,” kata Wahyu konferensi pers di Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023). 

Baca Juga: Perwira Paspampres Diduga Perkosa Prajurit Wanita, Panglima TNI: Pecat!

Selain itu, kata Wahyu, kegiatan Fun Run ini juga diharapkan dapat menyaring bibit-bibit atlet yang dapat dimanfaatkan bakatnya oleh pemerintah. Sehingga, dia pun mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

“Sampai dengan hari ini sudah terdaftar 1800 kalau tidak salah yang mendaftar. Mudah-mudahan target kita 4000 (peserta) Kalau tidak salah, bisa terlaksana pada hari H-nya,” ujar Wahyu. 

Baca Juga: Bapak-Ibu Kepala Desa, Presiden Jokowi Setuju Masa Jabatan Kades Jadi 9 Tahun

Pada kesempatan yang sama, Iye Rohadian selaku perwakilan Running Management menjelaskan, konsep acara ini bertujuan untuk menggaungkan kembali kegiatan yang rutin dilakukan oleh komunitas pecinta lari. Dia menyebut, nantinya para peserta dapat berlari di kawasan Istana Merdeka

“Jadi konsep eventnya itu, berlari di ring 1. Jadi memang sudah lama tidak ada event di Jakarta ini yang berlari di Monas, start-finish di Monas,” ujar Iye Rohadian. 

Dia turut mengapresiasi pihak Pemprov DKI Jakarta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Karena pihak Pemprov telah mengeluarkan izin khusus untuk mengadakan ajang lari tersebut. 

“Jadi, ini berterima kasih kepada Pemerintah Daerah DKI jakarta yang telah memberikan izin secara khusus untuk mempergunakan kawasan Monas dan sekitar, di CFD,” jelasnya. 

Adapun Ridwan Yudha Prasetyo selaku pihak penyelenggara menyebut acara ‘Setia Waspada Run’ ini bakal diselenggarakan pada Minggu, 12 Februari 2023 mendatang.  Menurutnya, bakal ada dua kategori perlombaan, yakni kategori 10 km dan 5 km.

Dia menjelaskan, pada kategori rute 10 km bakal Start dan Finish di silang barat daya Monas. Para pelari bakal melewati Jl MH Thamrin, Sudirman, Bundaran HI, Balai Kota DKI hingga kembali ke Monas. 

“Yang istimewanya adalah kita melewati nanti istana presiden istana negara. Fungsi tujuan acara ini untuk menciptakan hubungan masyarakat dan paspampres agar lebih humanis,” ungkap Ridwan Yudha

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X