Kiyai Muda Jawa Timur Rambah Wilayah Madura Sosialisasikan Ganjar Presiden 2024

- Jumat, 2 Juni 2023 | 02:34 WIB
Capres PDIP, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)
Capres PDIP, Ganjar Pranowo. (Dok. Ganjar Pranowo)

Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Kiyai Muda Jawa Timur mengadakan pelatihan memasak presto ayam dan bandeng di Kabupaten Sampang, Rabu 31 Mei 2023.

Kegiatan tersebut diikuti secara antusias oleh puluhan warga dan santri Pondok Pesantren Darul Hasibin Dusun Gunung Perahu, Desa Tambak, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

"Kami memperkenalkan kepada mereka tentang catering, terutama kita kenalkan mereka tentang cara memasak presto ayam atau bandeng," kata Koordinator Wilayah (Korwil) Kiyai Muda Jawa Timur, Ali Baidlowi.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan motivasi dalam membuat usaha kuliner. Sehingga, kaum perempuan dapat membantu menambah perekonomian keluarganya.

Menurut Ali, presto bandeng dan ayam memiliki potensi ekonomi lantaran permintaan produk kuliner tersebut dinilai sedang tinggi untuk saat ini, khususnya di wilayah Jawa Timur.

"Sekarang lagi tren, banyak pesanan di masyarakat untuk pengolahan daging. Maka dari itu, kita perkenalkan cara memasak atau mengolah daging ayam atau bandeng sebagai percontohan nanti bisa dikembangkan pada daging lain, sapi atau kambing," tuturnya.

Baca Juga: Demi Budayakan Hidup Sehat, Relawan Ganjar Ajak Warga Kapuas Lakukan Hal Ini

Tak sekadar menguasai teknik memasak presto secara khusus, Ali mengakui perlu ada inovasi dari warga untuk menciptakan produk kuliner serupa agar memiliki ciri khas yang menambah nilai ekonomisnya.

Selanjutnya, produk tersebut bisa dijual secara langsung maupun dititipkan kepada pihak lain.

"Kuliner (presto) saat ini diminati oleh masyarakat di warung-warung ataupun di pesta pernikahan," kata Ali.

Kegiatan tersebut diakui menjadi yang pertama kali digelar oleh kelompok sukarelawan Ganjar, Kiyai Muda Jawa Timur di wilayah Madura sampai saat ini. Namun, respons masyarakat dinilai sangat antusias.

-
Kyai Muda merambah wilayah Madura untuk sosialisasikan Ganjar Presiden 2024. (Dok. Tim Ganjar)

Bahkan, masyarakat setempat juga sangat terbuka saat para pengurus Kiyai Muda mengenalkan dan menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 mendatang.

"Alhamdulillah baru pertama ini masuk. Insya Allah bulan-bulan ke depan kita sudah ada planing dan mereka yang juga siap di Sumenep, Pamekasan ataupun Bangkalan sendiri," ujar Ali.

Respons positif dari masyarakat itu berkat platform kegiatan yang memiliki nilai manfaat secara sosial maupun ekonomis. Ditambah, pemberian bantuan sesuai kegiatan yang dilakukan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X