2 Pelaku Penyelundupan Ratusan Liter BBM ke Papua Nugini Diciduk, Beraksi Pakai Speadboat

- Selasa, 9 Mei 2023 | 11:30 WIB
Ratusan liter BBM diselundupkan ke Papua Nugini (dok Humas Polda Papua)
Ratusan liter BBM diselundupkan ke Papua Nugini (dok Humas Polda Papua)

Direktorat Polairud Polda Papua berhasil menangkap dua pelaku penyelundupan bahan bakar minyak (BBM), jenis Pertalite dari Kota Jayapura ke negara Papua Nugini, yang dilakukan menggunakan kapal spead boad.

Dir Polairud Polda Papua, Kombes Pol Andi Anugrha mengungkap pihaknya awalnya menerima informasi adanya upaya penyelundupan BBM ke luar negeri pada Jumat (5/5/2023), sekitar pukul 20.50 WIT. Pelaku disebut menggunakan jalur laut saat menyelundupkan BBM.

Baca juga: Perintah Kapolri ke Anak Buahnya: Tindak Tegas Jika Ada Penyelundupan Pakaian Bekas!

"Setelah menerima informasi, tim langsung bergerak guna mengejar para pelaku tersebut," kata Kombes Andi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (9/5/2023).

Singkat cerita, polisi berhasil menghentikan kapal yang digunakan pelaku. Dari dalam kapal tersebut ditemukan 24 jerigen berisi 840 liter BBM jenis Pertalite.

"Saat ini para pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Mako Dit Polairud Polda Papua guna pemeriksaan lebih lanjut," beber Kombes Andi.

Baca juga: Tangkap WNA Brasil, Polda Metro Gagalkan Penyelundupan Kokain Modus Jadi Sabun Cair!

Dit Polairud Tingkatkan Penindakan

-
Ratusan liter BBM diselundupkan ke Papua Nugini (dok Humas Polda Papua)

Lebih jauh, Kombes Andi mengungkap pihaknya akan lebih intens melakukan penindakan terhadap penyelundupan barang ke luar negeri melalui Papua. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyelundupan senjata api.

"Penangkapan yang kami lakukan lebih intens lagi, ini untuk mengantisipasi penyelundupan atau penjualan ilegal baik senjata api dan amunisi serta narkotika jenis ganja yang dilakukan oknum warga baik dari luar negeri ke Indonesia maupun dari Indonesia ke luar negeri," terang dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X