Presiden Jokowi Kumpul Bareng 5 Ketum Parpol Pro Pemerintah, NasDem Tak Diundang

- Minggu, 2 April 2023 | 10:47 WIB
Presiden Jokowi. (Setpres)
Presiden Jokowi. (Setpres)

Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar  acara bertajuk “Silahturahmi Ramadhan bersama Presiden RI” yang digelar di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023). Sebanyak lima ketua umum (ketum) partai politik diundang dalam acara tersebut. 

Mereka adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.  Kemudian, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Di antara sejumlah pimpinan parpol pro pemerintah tersebut, hanya Ketum NasDem Surya Paloh yang tidak ada dalam daftar tamu undangan. Sementara itu, Megawati belum dipastikan hadir lantaran tengah berada di Jepang. 

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto enggan membeberkan alasan mengapa Surya Paloh tidak diundang dalam acara tersebut. 

Menurutnya, acara ini dirancang oleh beberapa Ketum parpol pro pemerintah. Sedangkan, sejumlah ketum parpol yang diundang adalah atas restu Presiden Jokowi

“Alasannya, alasannya mungkin teman-teman sudah tahu kali ya,” kata Yandri kepada wartawan di DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Baca Juga: PAN Gelar Silaturahmi Ramadan Bersama Presiden Jokowi dan 5 Ketum Parpol, Bahas Koalisi?

Namun demikian, Yandri enggan berkomentar lebih rinci ihwal NasDem yang tidak diundang dalam acara ini. 

“Ya, nggak tahu. pertimbangannya itu kan ini pertemuan yang dirancang oleh beberapa Ketum parpol tentu atas restu pak presiden kan, itu yang diundang,” imbuhnya. 

Baca Juga: PPP Dukung Wacana PAN yang Ingin Duetkan Ganjar dan Erick di Pilpres 2024

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan, pertemuan ini merupakan forum strategis bagi para pemimpin partai politik. Sebab, mereka bisa saling berdialog, berdiskusi, tukar pemikiran, dan mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara.

Sebagai tuan rumah, lanjut Zulhas, PAN merasa sangat senang dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi beserta para Ketua Umum partai politik di pemerintahan untuk menyelenggarakan acara ini. 

Dia menegaskan, PAN berkomitmen untuk menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh partai politik dan membangun suasana politik yang menyehatkan, menggembirakan, dan menyejukkan. 

“Kami percaya bahwa hanya dengan bekerja sama, kita dapat mempercepat terwujudnya cita-cita kemerdekaan dan mencapai tujuan bersama dalam menciptakan kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Zulhas.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X