Rafael Alun Trisambodo Tersangka, KPK Bakal Panggil sang Istri!

- Kamis, 30 Maret 2023 | 15:02 WIB
Rafael Alun Trisambodo (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Rafael Alun Trisambodo (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo, sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan graifikasi. Oleh sebab itu, KPK selanjutnya akan memanggil sang istri, Ernie Mieke.

Penetapan tersangka Rafael dilakukan setelah KPK menaikan penyelidikan perkaranya ke tahap penyidikan. Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan pihaknya akan meminta keterangan sejumlah pihak, termasuk Ernie Mieke.

“Ya, kebutuhan siapa yang perlu dipanggil sebagai saksi, pasti, kan, nanti kami lakukan,” kata Ali kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (30/3/2023).

-
Rafael Alun Trisambodo (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Jadi Tersangka Gratifikasi, KPK Geledah Rumah Rafael Alun Trisambodo 

Kendati demikian, Ali belum mau membeberkan secara gamblang soal waktu pemanggilan ibu dari Mario Dandy Satrio tersebut. Ali menyebut, KPK akan terlebih dahulu menganalisis fakta-fakta sebelum memanggil para saksi.

“Cuma, kan, semuanya butuh waktu untuk dilakukan analisis dulu, fakta-fakta mana yang dibutuhkan, keterangan misalnya,” ujar Ali.

“Tapi yang pasti, kemarin dalam proses penyelidikan saja, kan, dipanggil, pasti nanti berikutnya (dipanggil),” ungkapnya.

PPATK Blokir Puluhan Rekening Milik Rafael Alun Trisambodo dan Keluarganya

Sebelumnya, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana, menyatakan pihaknya telah memblokir puluhan rekening milik Rafael dan keluarganya senilai Rp500 miliar.

"Nilai transaksi yang kami bekukan nilainya D/K (Debit/Kredit) lebih dari Rp500 miliar dan kemungkinan akan bertambah," kata Ivan saat dikonfirmasi, Selasa 7 Maret 2023.  

Ivan menjelaskan, puluhan rekening itu milik istri dan anak-anak dari Rafael, termasuk Mario.

Baca Juga: Breaking News! KPK Tetapkan Rafael Alun Trisambodo Jadi Tersangka Kasus Gratifikasi

“Iya RAT (Rafael Alun Trisambodo), keluarga dan semua pihak terkait. Ada beberapa puluh rekening sudah kami blokir,” ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X