The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Rp 4.500 T Pada 2030, Erick Thohir: Kita Jaga
Menteri BUMN, Erick Thohir (Twitter/@erickthohir).
News

Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Rp 4.500 T Pada 2030, Erick Thohir: Kita Jaga

Rabu, 30 November 2022 00:00 WIB 30 November 2022, 00:00 WIB

INDOZONE.ID - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, ekonomi digital bakal tumbuh jadi Rp 4.500 triliun pada 2030. Tak hanya itu, Erick Thohir juga menuturkan ekonomi digital bermanfaat positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Digital economy ini sesuatu yang baik karena di Indonesia digital economy ini akan tumbuh jadi Rp 4.500 triliun pada tahun 2030" kata Erick Thohir, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada baru-baru ini.

Baca Juga : Erick Thohir Berhasil Jadikan Indonesia Negara Berdaulat Vaksin

Walau begitu, kata Erick Thohir, ekonomi digital juga memiliki side effect yang perlu diantisipasi. Untuk itu ia mendorong perbaikan blue print ekonomi digital. 

“Bahwa ini yang harus kita jaga karena itu kita mendorong yang namanya perbaikan blue print digital economy, karena itu Telkom, Telkomsel mendahului," ujar Erick Thohir.

"Kalau dulu kita bicara pembangunan jalan toll, airport , pelabuhan sekarang kita bicara data center, fiber optik,” kata Erick Thohir.

Baca Juga : Anggap Keluarga, Erick Thohir Bantu Pernikahan Kaesang

Erick Thohir
Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh Rp 4.500 T Pada 2030 (Istimewa)

Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga ungkap perubahan blue print ekonomi digital.

Yakni berubah fokus Telkom yang diarahkan ke business-to-business atau B2B, dan Telkomsel ke Business to Customer (B2C). Hal itu untuk membangun agregator konten lokal maupun produk lokal.

Erick Thohir menambahkan pertumbuhan ekonomi nantinya adalah pertumbuhan ekonomi berdasarkan kemampuan manusia untuk menciptakan.

Menurutnya, ajang Ideafest merupakan ekosistem ekonomi digital yang mulai dipikirkan oleh generasi muda.

"Jadi inovasi menjadi hal penting, Ideafest salah satu turunan ekosistem bagaimana digital economy bisa mulai dipikirkan oleh generasi muda ke depan", kata Erick.

"Jangan hanya jadi penonton tapi harus jadi pemain" pungkas Erick Thohir.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Edi Hidayat
Harits tryan akhmad
JOIN US
JOIN US