Gak Ada Tilang Manual, Pengendara Banyak Ganti Pelat Bodong di Jakarta

- Senin, 28 November 2022 | 18:26 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Pergeseran fenomena terjadi terkait tidak adanya tilang manual yang berganti menjadi tilang elektronik khususnya di Jakarta. Polda Metro Jaya menyebut saat ini trand pelanggar mulai beralih menggunakan pelat palsu alias pelat bodong.

"Dengan adanya perintah tersebut (tak ada tilang manual), fenomena yang terjadi di masyarakat adalah mereka melepas dari pada pelat nomor, memalsukan plat nomor," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Latif menyebut pihaknya akan menerapkan tilang manual kembali untuk pelanggar-pelanggar yang sengaja menggunakan pelat bodong.

Baca Juga: Meski Gak Ada Tilang Manual saat Bertemu Polisi, Pengendara Tetap Bisa Ditilang!

"Ini lah tetap akan kita lakukan penindakan secara manual. Kita akan memeriksa, akan melihat nomornya. Kalau pelat nomor tidak ada kita akan cek," beber Latif.

Pelaksanaanya tetap dengan cara penilangan. Polisi juga akan membawa motor tersebut.

"Jadi tilang manual masih kita gunakan memang untuk menindak pelanggaran yang sudah untuk menghindari dari pada E-TLE, tilang elektronik tersebut. Kita akan lakukan tilang manual," kata Latif.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajaran Polri untuk tidak melakukan tilang manual. Penindakan diperintahkan untuk diganti menggunakan tilang elektronik.

Baca Juga: Waduh! Imbas Tilang Manual Dihapus, Polisi Sebut Pelanggaran Lalin di Jakarta Meningkat

Di Jakarta sendiri, Polda Metro Jaya sudah menerapkan tilang elektronik. Selain puluhan kamera E-TLE yang menempel di jalan, Polda Metro mengandalkan 10 kamera E-TLE mobil untuk menindak para pelanggar lalu lintas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X