Pesawat SAM Air Tergelincir di Beoga Papua, Semua Penumpang Selamat

- Senin, 23 Januari 2023 | 16:06 WIB
Pesawat milik SAM Air dengan nomor penerbangan PK-SMS, Senin (23/1/2023) tergelincir di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua. (FOTO ANTARA/HO-Polres Puncak)
Pesawat milik SAM Air dengan nomor penerbangan PK-SMS, Senin (23/1/2023) tergelincir di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua. (FOTO ANTARA/HO-Polres Puncak)

Pesawat Sam Air dengan nomor penerbangan PK-SMS mengalami kejadian tergelincir saat tiba di lapangan terbang Melawak, Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, pada Senin (23/1/2023). Beruntungnya tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Kapolres Puncak AKBP Nyoman Punia  menjelaskan, dari laporan yang diterima insiden itu terjadi sesaat setelah pesawat yang dipiloti Alexsander Agapa dan Co Pilot Desly Putut Priambudi serta teknisi Minarno mendarat.

Pesawat yang berangkat dari Bandara Moses Kilangin Timika itu selain membawa 11 penumpang dan juga mengangkut bahan makanan. Dari keterangan pilot, kata dia, terungkap saat mendarat terdapat awan tipis di ujung lapangan terbang sehingga dirinya berupaya menghindar dengan melakukan pendaratan di tengah-tengah lapangan terbang dengan kemiringan sebelah kanan yang mengakibatkan pesawat menabrak pohon di samping lapangan terbang.

"Namun untuk memastikan penyebab kecelakaan tersebut kita tunggu Komite Nasional Keselamatan Transportasi  (KNKT)," kata Nyoman sebagaimana disadur dari Antara, Senin (23/1/2023).

Baca Juga: Pecah Ban, Pesawat Pengangkut Sembako Tergelincir di Papua Pagi Tadi

Ia menyatakan akibat insiden tersebut ban depan pecah dan sayap bagian ujung kanan rusak berat. Kemudian warga juga membantu proses evakuasi dari pesawat tersebut.

"Pesawat tersebut sudah ditarik ke samping lapangan terbang dibantu masyarakat, " kata Nyoman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X