Menjalani Ospek, Para Mahasiswa Baru Dipaksa Lakukan Hal Tak Pantas

- Jumat, 30 Agustus 2019 | 11:42 WIB
Screenshot
Screenshot

Beberapa hari terakhir, universitas mulai memasuki masa pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Berbagai acara diadakan agar mahasiswa baru bisa mengenal kampus yang akan menjadi tempatnya menuntut ilmu untuk beberapa tahun ke depan.

Para senior juga ikut ambil bagian untuk menjalin komunikasi dengan para mahasiswa baru. Sayangnya, masih ditemukan kampus yang melakukan ospek tidak pantas. Salah satunya terjadi di salah satu universitas di Ternate, Maluku Utara.

Bukannya mendapatkan penyuluhan mengenai kampus atau mendapatkan program-program bermanfaat, yang ada justru ospek ajang pamer kekuasaan. Para mahasiswa baru ini mendapatkan perintah seperti jalan jongkok menaiki tangga hingga minum air bekas muntahan.

Video ospek ini kemudian viral dan menuai kecaman luas dari netizen. Mereka ramai-ramai meminta Kementerian Pendidikan mengusut tuntas kasus ini. Ospek ala-ala "kebersamaan" seperti ini seharusnya udah lama ditinggalkan karena tak mendidik.

Kemendikbud kemudian memberikan komentarnya di akun Instagram @masukkampus. "Terima kasih atas laporan #SahabatDikbud semua. Kalau kejadian ini terjadi di kampus, sebenarnya menjadi wewenang Kemristekdikti @ristekdikti untuk menindaknya. Semoga pendidikan karakter bisa berjalan baik di semua jenjang pendidikan. Salam" tulis akun @kemdikbud.ri.

Kalau ospeknya seperti ini, kira-kira pesan moral atau hal bermanfaat apa yang diterima oleh mahasiswa baru?

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X