Bertemu Klien Kerja, Ketahui 5 Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari

- Selasa, 16 Juli 2019 | 12:46 WIB
photo/Ilustrasi/Pexels
photo/Ilustrasi/Pexels

Ketika berkomunikasi dengan orang lain, sebaiknya menggunakan bahasa verbal dan non verbal yang baik. Apalagi, di dalam dunia kerja, ada beberapa gerak tubuh atau gestur yang harus disesuaikan ketika bertemu dengan klien.

Dari gerak-gerak atau bahasa non verbal (bahasa tubuh) tersebut, seseorang bisa mengetahui maksud dan tujuan kita. Karena itu, bahasa tubuh sangat penting dalam dunia kerja profesional, terutama saat bertemu dengan klien.

Namun, ada juga beberapa bahasa tubuh yang harus dihindari. Apa saja? Nah, simak penjelasannya berikut ini!

1.Tidak Ada Kontak Mata

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Menghindari kontak mata langsung dengan rekan bisnis saat meeting adalah hal yang fatal. Karena, dari bahasa tubuh tersebut lawan bicara dapat mengetahui bahwa kita tidak berkata jujur. Ini akan mengurangi nilai profesional dalam bekerja dan tentunya akan membuat klien enggan merespon dengan baik.

2. Melihat Ponsel

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Ini sangat fatal jika dilakukan ketika sedang berbicara dengan klien kerja. Ini memberikan tanda bahwa kita tidak tertarik dengan pembicaraan tersebut. Maka sebaiknya, nonaktifkan ponsel atau simpan sementara dalam tas dalam mode 'silent' selama meeting berlangsung.

3. Menyilang Jari-jari Tangan

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Ketika seseorang mendengarkan orang lain berbicara dan jari-jari tangannya terlihat disilangkan, maka dapat dipastikan dia sedang menutupi sesuatu. Dalam ilmu psikologi, menyilangkan jari-jari tangan adalah pertanda bahwa seseorang tidak mau terbuka dengan orang lain, termasuk lawan bicaranya.

4. Beberapa Kali Melihat Jam

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Menurut beberapa pendapat, seseorang yang berkali-kali melihat ke arah jam, itu berarti orang tersebut punya sesuatu lebih penting daripada bertemu dengan lawan bicaranya. Ini akan membuat si lawan bicara harus memburu pembicaraan agar cepat selesai.

5. Tatapan Menunduk

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Postur tubuh membungkuk dan tatapan menunduk menandakan bahwa seseorang tidak bersemangat dalam pertemuan tersebut. Ini membuat orang-orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, pastikan posisi duduk tidak membungkuk saat berbicara dengan klien atau rekan kerja, sekalipun tubuh mungkin sudah lelah.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X